Tanda dan Jenjang Kepangkatan TNI dari Tertinggi hingga Terendah, Beserta Maknanya

42877
Tanda Pangkat TNI (Liputan6.com/Faizal Fanani)

JAKARTA | Warta Rakyat – Tanda pangkat TNI memiliki tingkatan sendiri sesuai dengan fungsinya. Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan angkatan militer dari Indonesia.

TNI terdiri dari tiga angkatan bersenjata antara lain Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan udara (AU).

TNI memiliki struktur tingkatan pangkat dari pangkat yang tertinggi yaitu Perwira hingga pangkat yang paling rendah yaitu Tamtama.

Bagi yang ingin masuk dan mendaftar militer, minimal harus mengetahui susunan dan lambang pangkat TNI dari yang terendah hingga tertinggi.

Dilansir Liputan6.com, pada Jumat (26/7/2019) yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tanda pangkat TNI lengkap dengan penjelasannya

Pangkat TNI Angkatan Darat (AD)

Tanda Pangkat TNI (Liputan6.com/Faizal Fanani)

TNI Angkatan Darat atau disingkat TNI AD merupakan salah satu cabang angkatan perang yang merupakan salah satu bagian dari Tentara Nasional Indonesia yang bertanggung jawab pada operasi pertahanan di bagian darat dan dibentuk pada tanggal 15 Oktober 1945.

TNI Angkatan Darat atau TNI AD dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD). Ada dua komando utama untuk pertempuran di Angkatan Darat yaitu Kopassus dan Kostrad.

Selain itu, para prajurit dididik untuk menjadi tentara dengan dedikasi tinggi di Akademi Militer (Akmil), Secapa, Seskoad, dan Kodiklat. Tanda pangkat TNI AD tertinggi adalah Jenderal Besar.

Pangkat Kehormatan

Pangkat Kehormatan TNI Angkatan Darat yaitu Pangkat Jendral Besar dan dilambangkan dengan bintang lima.

Perwira Tinggi

Dalam jenjang kepangkatan Perwira Tinggi Angkatan Darat terdiri dari empat kepangkatan. Pangkat yang tertinggi adalah Jendral atau disingkat Jend dan dilambangkan dengan empat bintang. Setelahnya ada pangkat Letnan Jendral atau disingkat Letjen dan dilambangkan dengan tiga bintang.

Kemudian pangkat dibawahnya adalah Mayor Jendral atau disingkat Mayjen dan diberi lambang 2 bintang. Kemudian yang terakhir adalah Brigadir Jendral atau disingkat Brigjen dan dilambangkan dengan satu bintang.

Perwira Menengah

Tanda pangkat TNI AD selanjutnya adalah Perwira Menengah. Terdapat tiga pangkatan dalam tingkat Perwira Menengah TNI AD. Pangkat yang tertinggi di tingkatan Perwira Menengah adalah Kolonel atau disingkat Kol dengan tanda tiga bunga. Pangkat yang ke dua adalah Letnan Kolonel atau disingkat Letkol dengan tanda dua bunga dan yang terakhir adalah Mayor atau disingkat May dengan tanda satu Bintang.

Perwira Pertama

Ada tiga tanda pangkat TNI AD ditingkat Perwira Pertama (Pama) meliputi Kapten atau disingkat kapt dengan tanda dua garis. Kemudian pangkat Letnan Satu atau disingkat Lettu dengan tanda dua garis. Yang terakhir adalah Letnan dua atau disingkat Letda dengan tanda satu garis.

Bintara Tinggi

Terdapat dua pangkat di tingkatan Bintara Tinggi TNI AD meliputi Pembantu Letnan Satu atau disingkat Peltu dengan tanda dua garis bergelombang. Kemudian yang kedua adalah Pembantu Letnan Dua atau disingkat Letda dengan tanda satu garis bergelombang.

Bintara

Bintara terdiri dari empat pangkat di tingkatan. Bintara TNI AD meliputi Sersan Mayor atau disingkat Serma dengan tanda empat garis panah. Kemudian yang kedua yaitu Sersan Kepala atau disingkat Serka dengan tanda tiga garis panah. Selanjutya yang ketiga yaitu Sersan satu atau disingkat Sertu dengan tanda dua garis panah dan yang terakhir yaitu Sersan Dua atau disingkat Serda.

Tamtama Kepala

Terdiri dari tiga pangkat ditingkatan Bintara TNI AD meliputi Kopral Kepala atau disingkat Kopka dengan tanda 3 garis panah merah. Kemudian yang kedua adalah Kopral Satu atau disingkat Koptu dengan tanda dua garis panah merah dan yang terakhir adalah Kopral dua atau disingkat Kopda dengan tanda satu garis panah merah.

Tamtama

Terdiri dari tiga jenjang pangkat di tingkatan Tamtama TNI AD melipui Prajurit Kepala atau disingkat Praka dengan tanda tiga garis merah. Kemudian yang kedua yaitu Prajurit Satu atau disingkat Pratu dengan tanda dua garis merah dan yang terakhir yaitu Prajurut Dua atau disingkat Prada dengan tanda satu garis merah.

Pangkat TNI Angkata Udara (AU)

Tanda Pangkat TNI (Liputan6.com/Faizal Fanani)

TNI Angkatan Udara atau disingkat TNI AU merupakan Pangkat Kehormatan untuk TNI Angkatan Udara yaitu berupa pangkat Masekal Besar dengan tanda bintang lima.

Pada TNI AU dipimpin oleh kepala Staf Angkatan Udara (KASAU). Angkatan Udara juga membagi kekuatan utamanya dalam dua komando operasi. Komando operasi pertama berada di Halim Perdanakusuma Jakarta (Koops AU I) dan komando operasi kedua (Koops AU II) terletak di Makassar.

Perwira Tinggi

Tanda pangkat TNI AU terdiri dari empat jenjang pangkat ditingkatan Perwira Tinggi TNI AU meliputi Marsekal atau disingkat Mars yang merupakan sistem pangkat tertinggi TNI AU dengan tanda empat bintang. Kemduian yang kedua yaitu pangkat Marsekal Madya atau disingkat Marsdya dengan tanda tiga bintang.

Selanjutnya yang ketiga yaitu Marsekal Muda atau disingkat Marsda atau disingkat Marsma dengan tanda dua bintang dan yang terakhir yaitu Marsekal Pertama atau disingkat Marsma dengan tanda satu bintang.

Perwira Menengah

Tanda pangkat TNI AU Perwira Menengah terdiri dari tiga pangkat di tingkatan Perwira menengah TNI Angkatan Darat meliputi yang tertinggi yaitu kolonel atau disingkat Kol.

Untuk pangkat Letnan Kolonel diberikan tanda tiga simbol. Kemudian yang ke dua yaitu Letnan Kolonel atau disingkat Letkol dengan tanda dua simbol dan yang terakhir yaitu Mayor atau disingkat May dengan tanda satu simbol.

Perwira Pertama

Terdiri dari tiga pangkat di tingkatan Perwira Pertama TNI AU meliputi Kapten atau disingkat Kapt dengan tanda tiga garis. Kemudian yang ke dua yaitu Letnan Satu atau disingkat Lettu dengan tanda dua garis dan yang terakhir yaitu Letnan dua atau disingkat Letda dengan tanda satu garis.

Bintara Tinggi

Terdiri dari dua pangkat di tingkatan Bintar Tinggi AU meliputi Pembantu Letnan Satu atau disingkat Peltu dengan tanda dua garis dan Pembantu Letnan Dua atau disingkat Pelda dengan tanda satu garis.

Bintara

Terdiri dari empat pangkat di tingkatan Bintara yang meliputi Sersan Mayor atau disingkat Serma dengan tanda empat garis panah. Kemudian yang kedua Sersan Kepala atau disingkat Serka dengan tanda tiga garis panah.

Selanjutnya yaitu Sersan Satu atau disingkata Sertu dengan tanda dua garis panah dan yang terakhir yaitu Sersan dua (Serda) dengan tanda satu panah.

Tamtama Kepala

Tamtama Kepala terdiri dari dari tiga pangkat di tingkatan. Tamtama Kepala meliputi Kopral Kepala atau disingkat Kopka dengan tanda tiga panah merah. Kemudian yang kedua yaitu Kopral Satu atau disingkat Koptu dengan tanda dua panah merah dan yang terakhir yaitu Kopral dua atau disingkat Kopda dengan tanda satu panah merah.

Tamtama

Terdiri dari tiga pangkat di tingkatan Tamtama TNI AU yang meliputi Prajurit Kepala atau disingkat Praka, dengan tanda tiga garis merah. Selanjutnya laitu Prajurit Satu atau disingkat Pratu, dengan tanda dua garis merah dan yang terakhir yaitu Prajurit Dua atau disingkat Prada dengan tanda satu garis merah.

Pangkat TNI Angkatan Laut (AL)

Tanda Pangkat TNI (AP Photo/Tatan Syuflana)

Pada tanda pangkat TNI AL memiliki jenjang kepangkatan yang terdiri dari tiga tingkatan.

TNI AL dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL). Armada Angkatan Laut sebagai kekuatan utama pasukan laut Indonesia memiliki dua armada terpisah. AL berada dalam satu komando lintas laut militer atau Kolinlamil. Berikut ini urutan kepangkatan atau tingkatan pangkat TNI AL.

Pangkat Kehormatan

Pangkat kehormatan TNI angkatan laut berupa pangkat laksamana besar dengan tanda bintang lima.

Perwira Tinggi

Terdapat empat tingkatan pangkat TNI AL perwira tinggi. Yang tertinggi adalah laksamana (laks.) yang merupakan sistem pangkat tertinggi TNI AL dengan tanda 4 bintang. Setelahnya ada pangkat laksamana madya (laksdya) dengan tanda 3 bintang, laksamana muda (laksda) dengan tanda 2 bintang serta laksamana pertama (laksma) dengan tanda 1 bintang.

Perwira Menengah

Terdapat 3 tingkatan pangkat TNI AL perwira menengah. Yang tertinggi adalah kolonel (kol.) dengan tanda 3 simbol. Setelahnya ada pangkat letnan kolonel (letkol) dengan tanda 2 simbol serta mayor (may.) dengan tanda 1 simbol.

Perwira Pertama

Terdapat tiga tingkatan pangkat TNI AL perwira pertama, yang tertinggi adalah kapten (kapt.) dengan tanda 3 garis. Setelahnya ada pangkat letnan satu (lettu) dengan tanda 2 garis serta letnan dua (letda) dengan tanda 1 garis.

Bintara Tinggi

Terdapat dua nama-nama pangkat TNI AL bintara tinggi yakni pembantu letnan satu (peltu) dengan tanda 2 garis bergelombang serta pembantu letnan dua (pelda) dengan tanda 1 garis bergelombang.

Bintara

Terdapat empat nama-nama pangkat TNI AL bintara yakni sersan mayor (serma) dengan tanda 4 garis panah, sersan kepala (serka) dengan tanda 3 garis panah, sersan satu (sertu) dengan tanda 2 garis panah serta sersan dua (serda) dengan tanda 1 garis panah.

Tamtama Kepala

Terdapat tiga jabatan TNI AL tamtama kepala yakni kopral kepala (kopka) dengan tanda 3 garis panah biru, kopral satu (koptu) dengan tanda 2 garis panah biru serta kopral dua (kopda) dengan tanda 1 garis panah biru.

Tamtama

Terdapat tiga jabatan TNI AL tamtama yakni kelasi kepala (KLK) dengan tanda 3 garis biru, kelasi satu (KLS) dengan tanda 2 garis biru serta kelasi dua (KLD) dengan tanda 1 garis biru.

Sumber: Liputan6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.