Jemaat HKBP Dihimbau Sukseskan Program Pendataan Penduduk BPS

236
Kiri-Kanan: Pdt Distrik Kepri, Pdt Kardi Simanjuntak, Sekjen HKBP Pdt David Farel Sibuea, Bibelvrouw HKPB Ressort Nommensen, Rika Valentina Simanjuntak serta suami Rudi Penggabean foto bersama beberapa bulan yang lalu (foto: Ist)

TANJUNGPINANG | Warta Rakyat – Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ressort Nommensen Kota Piring, Tanjungpinang, Distrik Kepri dihimbau sukseskan program pemerintah terkait pendataan kependudukan dari Pemerintah Pusat, Minggu (15/3).

Pimpinan HKBP Ressort Nommensen, Pdt Deser Nababan, S.Th melalui Bibelvrow, Rika Valentina Simanjuntak, mengatakan, himbauan tersebut merupakan arahan dari Ephorus HKBP di Pearaja, Tarutung.

“Iya, ini ada surat himbauan dari kantor pusat, nomor 248/L18/II/2020 tentang pelaksanaan sensus penduduk,” ujar Rika Valentina Simanjuntak, yang pernah bertugas Bibelvrouw HKBP Galatia, Ressort Sungai Langkai Batam ini, Minggu (15/3).

Rika Simanjuntak menyebutkan, tujuan himbauan tersebut, dalam rangka mendukung program pemerintah untuk percepatan dan pemerataan pembangunan nasional di seluruh daerah.

“Maka sangat diperlukan data berupa jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk indonesia guna mengetahui parameter demografi dan proyeksi penduduk  (fertilasi, mortalitas, migrasi) penduduk Indonesia,” jelasnya sesuai surat himbauan tersebut.

Bibelvrow Rika Valentina Simanjuntak mengungkapkan, pendataan dapat dilakukan dengan mengakses website https://sensus.bps.go.id/login

Adapun jadwal pendataan, lanjutnya dengan pendekatan dua metode, yakni periode pertama dimulai tanggal 15 sampai 31 Maret 2020. Periode ini bisa dilakukan oleh warga secara mandiri.

Sedangkan periode kedua, sambungnya, bisa dilakukan mulai tanggal 1 sampai 31 Juli 2020. Periode ini, kata Bibelvrow, khusus warga negara yang belum melakukan pendataan secara online di portal Badan Pusat Statistik. Petugas sensus akan mewawancarai  langsung ke rumah warga.

“Untuk itu kami menghimbau seluruh jemaat HKBP Nommensen Kota Piring turut aktif melakukan sensus penduduk sesuai waktu yang telah ditentukan,” pungkas Rika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.