30 Pelaku Usaha IKM Dapat Sertifikasi Halal

44
Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, dalam sambutannya pada acara fasilitasi sertifikasi halal bagi IKM, di hotel pelangi Tanjungpinang, Kepri, Rabu  (15/1/2020)

TANJUNGPINANG | Warta Rakyat – Sertifikasi halal sangat penting untuk menjamin rasa aman kepada konsumen.

Untuk itu, pemerintah kota Tanjungpinang mendorong pelaku industri kecil dan menengah (IKM), seperti restoran, tempat makan, dan usaha kuliner agar megurus sertifikat halal.

“Kita menggesa para pelaku IKM agar menampilkan sertifikat halal di tempat usahanya,” ucap Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, dalam sambutannya pada acara fasilitasi sertifikasi halal bagi IKM, di Hotel Pelangi Tanjungpinang, Kepri, Rabu  (15/1/2020).

Bagi pelaku usaha yang sudah memiliki sertifikat halal, kata wali kota, wajib mencantumkan label halal dan menjaga kehalalan produknya.

Tanjungpinang

Dengan memiliki sertifikat halal, diharapkan pelaku usaha dapat leluasa mengembangkan produknya sehingga dapat meningkatkan nilai tambah.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Ahmad Yani menjelaskan pihaknya memfasilitasi sertifikasi halal bagi IKM di Kota Tanjungpinang.

Salah satu syaratnya adalah dengan mengikuti pelatihan fasilitasi halal sebagai upaya membekali pelaku usaha akan penting pengetahuan jaminan halal dalam sistem produksi.

Kegiatan tersebut diikuti 30 pelaku usaha IKM. Pelatihan berlangsung selama 5 hari, mulai 9 s.d. 13 Desember 2019 di kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian.

“Satu hari peserta menerima pelatihan materi dan 4 hari audit di tempat usaha masing-masing,” terangnya.

Turut hadir, anggota DPRD kota Tanjungpinang, ketua MUI, BPOM, para kepala OPD, camat, dan lurah.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.