Bawaslu Tanjungpinang Serahkan Laporan Pengawasan dan Sampaikan Terimakasih

113
Tanjungpinang
Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini menyerahkan Laporan Akhir Pengawasan Pemilu 2019 kepada Masayu, Divisi Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu Bawaslu RI, Senin (23/09). Foto: Istimewa

TANJUNGPINANG | Warta Rakyat – Bawaslu Kota Tanjungpinang menyerahkan Laporan Akhir Pengawasan Pemilihan Umum Tahun 2019 kepada Bawaslu Republik Indonesia, di Jl. MH. Thamrin No.14, Jakarta Pusat, Senin (23/09).

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini menjelaskan, bahwa laporan tersebut merupakan deskripsi dan analisa terhadap hasil kerja pencegahan dan pengawasan yang telah dilakukan oleh Bawaslu Kota Tanjungpinang selama mengawal dan mensukseskan Pemilu 2019 (pilpres dan pileg) dengan motto “Jujur Bertutur, Bijak Bertindak”.

“Laporan diserahkan dalam bentuk hardcopy berupa buku yang cukup tebal, serta berupa file softcopy, dan laporan yang sama juga sudah  diserahkan kepada Bawaslu Kepri,” ungkap Zaini yang juga Koordinator Divisi Pencegahan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Senin (23/09).

Zaini mengungkapkan, bahwa pihaknya telah maksimal dan optimal melaksanakan tugas pengawasan yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pemilihan Umum, serta berpedoman pada Perbawaslu dan PKPU.

Tanjungpinang

“Proses penguatan pengawasan dalam upaya menciptakan pemilu yang demokratis, berkualitas, berintegritas dan bermartabat,” pungkasnya.

Laporan tersebut, kata Zaini, menguraikan proses dan hasil pengawasan mulai
dari awal persiapan hingga akhir pelaksanaan proses tahapan Pemilu.

Adapun tahapan pengawasan mulai dari proses pengawasan tahapan pemutakhiran daftar pemilih, pencalonan, kampanye, pemungutan dan penghitungan perolehan suara, hingga penetapan perolehan jumlah kursi dan anggota DPRD terpilih hingga pelantikan.

“Berakhirnya tahapan Pemilu, kami tetap bekerja membuat laporan akhir sebagai bentuk pertanggungjawaban hasil penagawasan,” katanya.

Zaini menambahkan, laporan tersebut memberikan gambaran secara utuh dalam proses mengawal pemilu yang bersejarah, karena dilaksanakan pertama kali serentak secara nasional, untuk Pemilihan Legislatif dan  Eksekutif, di “Kota Gurindam Negeri Pantun”.

Dalam kesempatan tersebut, Zaini menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pimpinan Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Kepri yang senantiasa memberikan arahan dan bimbingannya.

Tak lupa juga ia mengapresiasi kepada stakeholher yang selalu bersinergi dalam mensukseskan Pemilu yang berlangsung secara aman damai dan kondusif, baik Aparat Keamanan Polri dan TNI, Kejaksaan, KPU, Pemerintah Kota Tanjungpinang, dan semua pihak.

Selain itu Zaini juga mengapresiasi kepada jajaran Panwaslu Kecamatan, Kelurahan, dan Pengawas TPS yang telah mengawal Pemilu dengan menjaga integritas dan profesionalitas.

“Kami mengucapkan terimasih atas partisipasi semua pihak yang turut andil mensuksekan Pemilu Tahun 2019,” ujarnya

“Selanjutnya Bawaslu Kota Tanjungpinang siap menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau,” tutup Zaini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.