Senator Sumut, Parlindungan Purba Sebut Wisata Halal Danau Toba Tidak Hilangkan Kearifan Lokal

705
Anggota DPD RI (senator) asal Sumut, Parlindungan Purba

MEDAN | Warta Rakyat – Tokoh masyarakat Sumatra Utara, yang juga Anggota DPD RI (senator) asal Sumut, Parlindungan Purba, angkat bicara soal konsep wisata halal di Danau Toba sebagaimana diwacanakan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Menurutnya, wisata halal tidak menghilangkan kearifan lokal, sehingga ia mengajak masyarakat di kawasan Danau Toba tidak perlu resah dan khawatir tentang adanya konsep wisata halal di Danau Toba. Hal itu dikatakannya, di Medan, Senin (2/9/2019).

Lebih lanjut Parlin menjelaskan, konsep wisata halal yang akan dilakukan Pemprov Sumut adalah dengan menyiapkan fasilitas-fasilitas untuk wisatawan Muslim dan wisatawan beragama lainnya.

“Jadi bahwa konsep wisata halal adalah dalam rangka memberikan kenyamanan bagi para turis yang datang ke Danau Toba, baik dari dalam dan luar negeri. Itu dilakukan dengan menyediakan tempat-tempat yang dibutuhkan,” ujarnya sebagaimana dikutip dari Medanbisnisdaily.com.

Tanjungpinang

Dengan kelengkapan fasilitas yang dibutuhkan itu, maka akan wisatawan akan semakin banyak berkunjung di kawasan Danau Toba. Wisatawan juga akan lebih lama lagi atau betah berada di kawasan wisata Danau Toba.

Semakin banyaknya wisatawan yang datang, tambah Parlindungan, akan memicu pergerakan sektor-sektor ekonomi masyarakat, seperti penginapan (homestay), rumah makan, jajanan atau kuliner, souvenir, jasa pemandu wisata, jasa transportasi dan hiburan budaya.

Dengan begitu, lanjutnya, akan terjadi dampak perputaran ekonomi (multiplier effect) yang menjadi pendorong kesejahteraan masyarakat kawasan Danau Toba umumnya.

Karena itu, seluruh upaya untuk memajukan pariwisata Danau Toba, semestinya didukung semua pihak, termasuk masyarakat.

Sebab kata dia, hal itu sejalan dengan program pemerintah pusat yang telah menetapkan Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), yang saat ini pengembangannya diprioritaskan pemerintah.

Sumber: Medanbisnisdaily.com
Editor.   : Frengki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.