Panglima TNI dan Kapolri Pantau 22 Pulau Terdepan

236
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian pantau 22 Pulau terdepan

BATAM | Warta Rakyat – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian pantau 22 pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan Negara Singapura dan Malaysia, Sabtu (27/7/2019).

Usai melakukan pemantauan, kedua pimpinan tertinggi di TNI dan Kepolisian itu juga mengunjungi pulau Nipa di Kelurahan Pemping, Kecamatan Belakang Padang Provinsi Kepulauan Riau.

Kunjungan kerja Panglima TNI dan Kapolri di pulau Nipa untuk meninjau secara langsung kinerja anggota TNI-Polri yang menjaga pulau terdepan yang berbatasan dengan Negara sahabat.

Saat berada di Pulau Nipa, seperti biasanya Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan pengarahan kepada Prajurit TNI-Polri.

Tanjungpinang

Penglima TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, kunjungan ke pulau Nipa yang sudah direncanakan sebelumnya, untuk melihat langsung fasilitas apa saja yang harus di tingkatkan .

Hal ini karena Pulau Nipa adalah pulau yang langsung berhadapan dengan kawasan internasional sehingga memerlukan alat deteksi yang baik untuk dapat memantau aktifitas atau niat jahat seperti penyelundupan Narkoba, Miras dan sebagainya.

Selain melihat permasalahan, akan menjadi bahan evaluasi di Mabes TNI untuk memperkuat peralatan-peralatan dan meningkatkan kapasitasnya sehingga mampu untuk memonitor lalu lintas kapal yang melewati kawasan pulau terdepan, baik aktifitas kapal dari Negara-negara lain maupun dari dalam negeri.

Hadi Tjahjanto menambahkan, untuk penambahan personil masih perlu dikaji. Bagi Hadi yang paling utama adalah peralatan radar termasuk kamera pantau dan peralatan-peralatan untuk mengidentifikasi

“Dari pantai timur sumatera sampai dengan selat philip kita upayakan untuk radar yang dapat menjangkau aktifitas lalu lintas perairan,” tegas Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP

Ditempat yang sama, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyampaikan kehadirannya untuk menjaga keutuhan NKRI.

Meskipun pada prinsipnya TNI sebagai garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI, bukan berarti unsur-unsur lainnya harus diam. Teritorial wilayah NKRI adalah kewajiban bersama.

Untuk itu Polri berusaha mendukung dengan berbagai upaya untuk menjaga keutuhan NKRI.

Tidak hanya itu, sambung Tito, terkait dengan masalah transnasional crime juga menjadi atensi pihaknya. Untuk itu pulau Nipa ini menjadi sangat penting karena jarak lokasinya yang berdekatan dengan Negara tetangga.

“Wilayah kita berbatasan dengan Singapura dan Malaysia maka kejahatan lintas batas bisa saja terjadi seperti penyelundupan Narkoba, Human Trafficking dan penyelundupan barang-barang lainnya yang berhubungan dengan masalah Bea dan Cukai,” tegas Kapolri.

Secara umum dalam pelaksanaannya sangat baik, dan ada juga pemberian bantuan dari Panglima TNI dan Kapolri berupa 2 Unit Sepeda Motor, sembako dan bantuan-bantuan lain dalam rangka meningkatkan semangat kerja anggota TNI-Polri yang bertugas di Pulau terdepan.

Editor : Prengki


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.