Puluhan Warga Dilatih Manfaatkan Hasil Laut

100
Tanjungpinang
Puluhan warga yang tergabung dalam koperasi dan pegiat UMKM se-Kabupaten Bintan, Selasa (23/7/2019)

BINTAN | Warta Rakyat Puluhan warga yang tergabung dalam koperasi dan pegiat UMKM se-Kabupaten Bintan dilatih Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM) guna memanfaatkan hasil laut di Villa Lohas Kawal, Bintan, Selasa (23/7/2019).

Mereka dilatih membuat usaha dari hasil potensi laut yang dimiliki wilayah perbatasan, seperti ikan hasil tangkapan nelayan.

Sedikitnya pelatihan vocational daerah perbatasan itu diikuti 60 peserta dari pegiat UMKM yang berasal dari lima lokasi prioritas kecamatan perbatasan yakni Bintan Utara, Tambelan, Bintan Pesisir, Teluk Sebong dan Gunung Kijang.

Para peserta diberi pelatihan pembuatan produk frozen food dengan memaksimalkan potensi laut Bintan yang kaya akan ikan. Produk pilihan yang dibuat adalah nugget ikan dan nugget kaki naga ikan yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Tanjungpinang

Dipandu fasilitator untuk membuat jenis makanan nugget, peserta tampak antusias mengikuti kegiatan bimbingan itu.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bintan, Ir. Dian Nusa, mengatakan bahwa pihaknya senantiasa memberikan pelatihan, penyuluhan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM dan koperasi untuk dapat meningkatkan SDM dan kemandirian koperasi dan UMKM di Kabupaten Bintan.

“Intinya kita melakukan terobosan, kreatifitas dan inovasi untuk para pelaku usaha dan koperasi di tengah situasi anggaran yang sangat terbatas,” ujarnya.

Menurutnya, Bintan yang kaya akan sumber daya laut sangat potensial dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian para pelaku usaha dan koperasi.

“Kita bisa menggali potensi yang ada, terutama hasil laut kita yang kaya akan ikan. Kita bisa olah menjadi makanan yang bernilai ekonomis, salah satunya nugget ikan, abon dan baso ikan,” tungkasnya.

Penulis : Beto
Editor    : Prengki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.