Ketua Panwaslu Bukit Bestari: Saksi di PPK Diminta Lapor Panwas, jika Ada Penggelembungan Suara

463
Ketua Panwaslu Kecamatan Bukit Bestari, Prengki Simanjuntak, S.IP

TANJUNGPINANG | Warta Rakyat – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Bukit Bestari selalu terbuka menerima laporan jika terdapat selisih data yang dimiliki saksi usai penghitungan dari seluruh TPS.

Pasalnya, dalam penginputan data  tidak tertutup kemungkinan ada human error ataupun oknum-oknum yang berusaha merubah perolehan suara dalam penginputan data ke sistem.

Hal itu diungkapkan Ketua Panwaslu Kecamatan Bukit Bestari, Prengki Simanjuntak disela-sela kegiatan pengawasan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di PPK Bukit Bestari.

“kami terbuka menerima laporan saksi, jika rekapan data yang dimiliki tidak sesuai dengan yang sudah dibacakan dari seluruh TPS,” ujarnya, Jumat (26/4).

Lebih lanjut dikatakan Prengki, setelah nantinya saksi menerima hardcopy rekapan perolehan suara yang dihimpun dari setiap kelurahan dan TPS, para saksi diminta meneliti dan memeriksa data yang diserahkan PPK, supaya seketika itu dilakukan pembetulan sehingga tidak meninggalkan persoalan di tingkat lebih tinggi seperti KPU Kabupaten/Kota.

Dalam hal keberatan yang diajukan saksi terdapat selisih perolehan suara yang belum ditanggapi, sambung Prengki, saksi juga diminta menuangkan kedalam formulialir DA.2 sebagai formulir keberatan atau kejadian khusus.

“setiap saksi ataupun pengawas berhak mengajukan keberatan,” katanya.

Ia kembali menjelaskan dalam pasal 551 Undang-Undang Pemilu menyebutkan, jika terdapat anggota KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS yang dengan kesengajaannya mengakibatkan hilang atau berubahnya berita acara dan sertifikat hasil perolehan suara maka sanksinya pidana 24 bulan dan/atau denda Rp24 juta.

Untuk itu, ia menghimbau peserta pemilu terlibat aktif dan semua penyelenggara pemilu bersikap profesional dengan menjaga integritas dan independensi dalam tahapan rekapitulasi hasil penghitungan suara.

“kita berharap penyelenggara pemilu bersikap profesional untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tutupnya.

Penulis : Marolop

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.