Rahma: Pramuka Harus Jadi Pelopor Pengawasan Pemilu 2019

143

Poto bersama (f-istimewa)

TANJUNGPINANG | Wartarakyat.co.id Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Tanjungpinang, Rahma mengatakan, Pramuka harus menjadi pelopor pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang.

“Seperti yang kita ketahui suksesnya pemilu hanya bisa kita raih dengan saling mendukung saling berperan aktif untuk bersama mengawali Pemilu ini dan saya harapkan Pramuka menjadi pelopor suksesnya pelaksanaan Pemilu mendatang,” ujar Rahma yang juga sebagai Wakil Walikota Tanjungpinang pada saat kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bersama Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Tanjungpinang, yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang, Selasa, (9/4/2019) di Hotel CK Tanjungpinang.

Dia juga mengatakan, pengawasan Pemilu harus dilakukan bersama dengan meminimalisir pelanggaran yang mungkin terjadi.

Tanjungpinang

“Kita harus bersama-sama mengawasi, mari kita cegah money politik dan berita hoax. Semoga partisipasi kita ini dinilai ibadah oleh Allah SWT untuk menciptakan Pemilu yang bersih dan berkomitmen serta dapat mendukung pembangunan daerah,” ajaknya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang menegaskan, sinergitas Bawaslu dengan Gerakan Pramuka, aparat keamanan, masyarakat, mahasiswa, pemantau pemilu, relawan dan semua pihak dalam pengawasan tahapan Pemilu akan berperan strategis menciptakan Pemilu 2019 yang bersih, berintegritas dalam demokratis.

“Inilah manifestasi dari motto. Bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu,” ucap Zaini.

Lanjutnya, cegah dan kawal pemilu ini dari berbagai potensi pelanggaran, kecurangan, baik pada tahapan kampanye, pemungutan dan penghitungan suara. Terutama terhadap segala bentuk praktek money politik, penyebaran berita hoax, potensi oknum tertentu yang mencoblos lebih dari satu kali, serta kekeliruan atau kecurangan saat penghitungan suara.

“Kita intensifkan patroli pengawasan di hari tenang, serta mengawasi langsung ke berbagai TPS pada saat pemungutan dan penghitungan suara,” tegasnya.

“Pemilu yang bersih dan demokratis akan melahirkan wakil rakyat dan pemimpin yang berintegritas, profesionalitas, serta peduli dengan kesejahteraan masyarakat, dan kamajuan pambangunan khususnya di kota ini,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Komisioner Bawaslu Kota Tanjungpinang, Mariyamah mengatakan, menjelang tanggal 17 April, Bawaslu sudah melaksanakan sosialisasi baik dari SMA, ke masyarakat hingga hari ini.

“Kami mengundang Pramuka Kwartir Cabang Kota Tanjungpinang untuk mendapatkan sosialisasi semua ini bertujuan agar tidak hanya Bawaslu saja yang mengawasi Pemilu nanti, tapi semua masyarakat ikut mengawasi pesta demokrasi yang akan kita laksanakan tanggal 17 nanti,” ucapnya.

Diakhir acara dilakukan penandatanganan deklarasi kegiatan pengawasan partisipatif oleh Ketua Kwarcab Kota Tanjungpinang, Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang dan Perwakilan Peserta, sebagai wujud komitmen bersama untuk pengawasan dan mensukseskan Pemilu mendatang. (Am/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.