Reses, Petrus Menampung Aspirasi Pelaku UKM Tanjungpinang

289
Anggota DPRD Kota Tajungpinang Petrus M. Sitohang dialog bersama wagra di Cafe Jois Bintan Centre, Minggu (22/12/2018) malam,

Tanjungpinang | Wartarakyat.co.id – Sebanyak 25 orang pelaku Usaha Kecil dan Mikro (UKM) di kota Tanjungpinang melakukan dialog dengan anggota DPRD Kota Tajungpinang Petrus M. Sitohang, Sabtu (16/03/2019) malam, di Cafe Jois Bintan Centre.

Dalam dialog tersebut para pelaku UKM menyampaikan keluhannya atas sulitnya mendapatkan bantuan permodalan usaha saat ini.

Untuk itu para pelaku usaha meminta pemerintah memberikan bantuan kepada UKM di kota Tanjungpinang untuk dapat tumbuh di tengah kelesuan usaha saat ini.

Pertemuan tersebut diikuti oleh komunitas UKM Tanjungpinang yang  bergerak di berbagai bidang seperti kuliner, kerajinan, peternakan bebek, pertanian, konsultan manajemen UKM dan lain-lain.

Ardi, salah satu peserta dialog yang selama ini bergerak di bidang usaha pembuatan sirup rosela menginginkan pemerintah kota saat ini dapat memberikan bantuan hibah modal usaha seperti yang dulu pernah dilakukan.

Menurutnya dengan bantuan hibah akan menolong UKM untuk tumbuh berkembang dan menyerap tenaga kerja.

“Dan ini pernah dilakukan di masa Walikota ibu Suryatati A Manan dulu,” katanya

Pada kesempatan itu Petrus M. Sitohang menjelaskan bahwa dia menggagas dialog tersebut didorong potensi tingginya perkembangan UKM. Hal itu jika terbangun jejaring diantara sesama UKM dan antara UKM dengan lembaga-lembaga atau perusahaan pemilik modal seperti bank dan BUMN.

Ia melihat bahwa jika para UKM ini mau berjejaring dan bekerjasama para UKM tentu akan dapat tumbuh berkembang.

Sedangkan akses permodalan, Sitohang menjelaskan bahwa ada beberapa BUMN yang menyatakan bersedia memberikan akses bagi modal usaha kecil dan mikro yang berbiaya ringan dan persyaratan mudah. Selain itu para UKM perlu mendapatkan pelatihan manajemen keuangan UKM serta mutu produk dan jasa terlebih dahulu

Sitohang berjanji akan mencoba mempertemukan para UKM dan lembaga-lembaga yang dapat memberikan akses permodalam kepada UKM di kota Tanjungpinang.

“Melihat antusiasme bapak bapak dan ibu-ibu pelaku UKM yang hadir malam ini, saya akan mencoba sekuat tenaga saya untuk menghubungkan para pelaku UKM dengan badan usaha yang memiliki dana yang bisa diberikan akses bagi permodalan” Janji Petrus kepada pelaku UKM.

Ia menyampaikan, sudah mendengar dari para pimpinan BUMN bahwa mereka siap memberikan bantuan permodalan asalkan para pelaku UKM memiliki usaha yang jelas dan prospek usaha yang jelas.

Menjawab tantangan Sitohang kepada para UKM Tanjungpinang untuk berjejaring diantara sesama mereka, salah satu peserta Fiman Nugrajanto menyatakan kesiapannya.

Untuk itu dia akan mengajak rekan-rekannya yang hadir dalam acara dialog tersebut untuk memulai kerjasama para UKM melalui penyelenggaraan event Festival Biram Dewa yang digagasnya.

Event ini akan menggabungkan kegiatan bazar UKM, pelatihan UKM dan pentas budaya yang berkaitan dengan pelestarian kebesaran kerajaan Melayu Riau zaman dulu yang berpusat di Hulu Riau yakni Kota Piring di Tanjungpinang.

“Event ini akan dilaksanakan di tahun ini dengan melibatkan para pelaku UKM yang ada di kota Tanjungpinang dan Bintan” Tutupnya (fg/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.