Bandara RHF Tanjungpinang Diserang Sekelompok Massa

3688
Puluhan Massa saat Bentrok dengan TNI AU di Bandara RHF Tanjungpinang. (f-red)

TANJUNGPINANG | Warta Rakyat  – Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) diserang sekolompok massa, Jumat (8/2/2019) sekira pukul 14.30 WIB tepatnya dihalaman parkir didepan VIP Room Bandara RHF Tanjungpinang.

Aksi yang berlangsung sekitar 35 menit itu ricuh sehingga terjadi saling dorong-mendorong dengan TNI AU Lanud RHF, para masaa juga melempar bungkusan puluhan air putih serta memukul dengan batang pisang yang sudah disediakan oleh pendemo.

Komandan Lanud RHF Tanjungpinang, Kolonel Pnb Elistar Silaen mengatakan, aksi ini merupakan kegiatan simulasi atau latihan pengamanan untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden April 2019 mendatang.

Ia menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk menguji protap-protap yang ada agar seluruh personil TNI AU dalam menghadapi Pemilu Pileg dan Pilpres mendatang akan siap baik secara teknis maupun memahami sesuai prosedur sehingga dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam pengamanan.

“Kenapa kita memilih simulasi di bandara karna secara spesifik Lanud RHF memang mengamankan bandara,” kata Elistar Silaen usai Latihan pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019 diwilayah Lanud RHF Tanjungpinang.

Untuk pengamanan Pemilu 2019 ini, tambahnya, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 150 personil untuk pengamanan Pileg dan Pilpres mendatang.

Sementara itu, GM PT. Angkasa Pura II Bandara (RHF), Hotasi Manalu juga mengatakan bahwa pihaknya mempunyai komite keamanan dan komandannya adalah Danlanud.

“Kita punya komite keamanan dan Komandanya adalah Danlanud. Jadi, keamanan di Bandara ini sepenuhnya menjadi tanggungjawab Danlanud dan kita sebagai pengelola Bandara akan mendukung terus upaya-upaya yang dilakukan Danlanud untuk mengamankan bandara ini khususnya dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres mendatang,” ucapnya.

Poto bersama (f-red)

Ditempat yang sama, Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul mengatakan, yang pertama Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang menyampaikan terimakasih kepada Danlanud yang telah menggelar kegiatan kesiapan pasukan dalam mengantisipasi apabila terjadi kericuhan dalam Pileg dan Pilpres mendatang.

“Jadi, ini guna bagaimana kita menjaga kondusif Kota Tanjungpinang dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres mendatang. Seperti tahun-tahun yang lalu Pemilu di Tanjungpinang selalu damai, tentram dan rukun. Ini akan terus kita jaga oleh sebab itu bersatunya TNI dan Polri sangat kita harapkan untuk menjaga kondisivitas Kota Tanjungpinang,” harapnya. (Am/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.