Kunjungi Banyuwangi, Lingga Banyak Belajar

217

Lingga | Wartarakyat.co.id – Pada hari Rabu (5/12/2018) lalu,  rombongan Pemerintah Kabupaten Lingga mengunjungi Kantor Camat Licin dan diajak keliling oleh Camat H. Hartono hingga ke Kantor Desa Taman Sari.

Baca juga: Ingin Berguru, Pemkab Lingga Kunjungi Banyuwangi

Disela-sela kunjungan, rombongan pihak Pemkab Lingga menyaksikan kantor desa Taman Sari bak ruang pameran yang menghilangkan stigma bentuk tradisional kantor desa yang selama ini ada di benak para pejabat Lingga.

Pasalnya, sistem pelayanan di kantor desa Taman Sari sudah modern dan terintegrasi dengan sistem jaringan database yang mumpuni.

Bayangkan saja di ruang pelayanannya tersedia ruang baca untuk menghilangkan kejenuhan, kulkas yang berisi minuman dingin penghilang dahaga, musholahnya yang indah, serta ruang tunggu tamu yang nyaman serasa di rumah sendiri.

Camat Temiang Pesisir, Abdul Kamar pun mengagumi penerapan sistem pelayanan tersebut. Ia berharap seandainya ada di kantor desa di Lingga seperti ini, pihaknya akan menerapkan ilmu yang diperoleh di wilayah kerjanya.

“Patut ditiru karena memang terbaik” sebut Kamar tegas.

Dari kunjunungan itu, yang berkesan buat dirinya adalah sebuah aplikasi yang bernama UGDK (Unit Gawat Darurat Kemiskinan), dimana lewat aplikasi tersebut dapat terpantau jumlah warga miskin dan bahkan keberadaan nya pun dapat diketahui karena memang sudah terdata dengan GPS pada peta.

Kunjungi Kantor Bupati Banyuwangi

Rombongan Pemerintah Kabupaten Lingga yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah HM. Juramadi Esram yang diikuti oleh Inspektur Daerah H. Asward, Kepala BPKAD H. Azet, Kabid pada Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan diantaranya Nellawati dan Bahtiar, Plt. Kepala Bagian Kominfo Humas Buana F Februari mengunjungi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Rabu (05/12/2018)

Selain itu hadir juga Camat Temiang Pesisir Abdul Kamar, Sekcam Bakong Serumpun Salam, Kasi Pemerintahan Kec. Katang Bidare Widi Satoto serta sejumlah staf yang mendampingi.

Setibanya di kantor Bupati Banyuwangi, rombongan kembali dibuat takjub karena ternyata ruang tamu penyambutan semua tamu yang datang adalah di  sebuah lounge yang di tata apik menyerupai lobby hotel berbintang.

Hal yang sangat menarik perhatian dengan deretan layar sentuh yang menjadi tempat para pemburu data dan informasi tentang Banyuwangi semua ada, tinggal klik dan klik pokoknya Banyuwangi in one hand.

Sekda Lingga yang ikut mencoba mencari informasi tentang progres perizinan pada salah satu jenis layanan perizinan di Banyuwangi sampai terkesima.

“Saya yakin OPD kite dapat berinovasi seperti ini asal dikerjakan dengan sungguh-sungguh” ujar Esram bersemangat.

Pada kesempatan tersebut Staf Ahli Setdakab Banyuwangi Sudjani yang bertindak selaku tuan rumah menyampaikan salam hormat dari Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas dan permohonan maaf karena tidak dapat menerima secara langsung dikarenakan sedang menjalankan tugas lain yang tak dapat diwakilkan.

Adapun rencana kunjungan sudah disampaikan sehari sebelum perhelatan Festival Kebaya 2018 di GOR Tawang Alun, dan Bupati Anas sudah bertemu dengan Sekda Lingga. Dalam pertemuan tersebut terungkap niatan Lingga untuk belajar banyak dari Banyuwangi sehingga keinginan tersebut kembali disampaikan Esram kepada Sudjani bahkan langsung memerintahkan Plt. Kabag Kominfo Humas untuk merajut kerjasama dimaksud.

“Kabag Humas segera jalin komunikasi dengan Bagian Pemerintahan Setda Banyuwangi untuk kemudian berkoordinasi dengan Kabag Tapem Lingga” perintah Sekda, dan langsung direspon positif pihak pemkab Banyuwangi.

Diakhir kunjungan kedua pihak saling bertukar cinderamata tanda dan foto bersama menjadi kenangan indah kunjungan ke Banyuwangi. (hms/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.