Pemkab Lingga Gelar Upacara Peringatan Hari Guru 2018

Bupati Lingga H. Alias Wello saat memberikan penghargaan kepada para guru, Kepala Sekolah tingkat TK, SD dan SMP berprestasi se Kabupaten Lingga

Lingga | Wartarakyat.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga menggelar upacara peringatan Hari Guru Tahun 2018 dengan tema “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad 21”, Senin (26/11/2018) pukul 08.00 WIB di Lapangan Merdeka Dabo Singkep.

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Bupati Lingga H. Alias Wello dan Pemimpin upacara Andre Setiawan (Guru SMP Negeri 2 Singkep) yang dihadiri peserta dari Forkompinda, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta segenap guru dan siswa sekolah semua tingkatan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan segenap undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Alias Wello membacakan Amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Menteri berpesan untuk mewujudkan guru yang profesional kedepannya akan diterapkan kebijakan zonasi, harapannya agar dapat mempercepat pemerataan kualitas pendidikan di seluruh tanah air.

Sistem zonasi juga diharapkan dapat memudahkan pelayanan dan pengelolaan guru mulai dari distribusi, peningkatan kompetensi, pengembangan karir dan penyaluran bantuan penyelenggaraan pendidikan sebagaimana kegiatan yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Menteri juga menjabarkan setidaknya terdapat 3 ciri guru profesional yang harus dimiliki oleh para guru pertama, guru profesional adalah guru yang telah memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik, perubahan zaman mendorong guru agar cepat menghadirkan pembelajaran abad ke 21, yaitu menyiapkan peserta didik untuk memiliki ketrampilan berpikir kritis, inovatif, komunikatif dan mampu berkolaborasi.

Kedua, seorang guru yang profesional hendaklah mampu membangunkan kesejawatan bersama rekan-rekan sejawat mengembangkan diri dan meningkatkan kecakapan untuk mengikuti laju perubahan zaman.

Dan yang ketiga, seorang guru yang profesional hendaknya mampu merawat jiwa sosialnya, para guru Indonesia adalah para pejuang pendidikan yang sesungguhnya.

Ia menambahkan, Peringatan Hari Guru ini juga disejalankan dengan pemberian penghargaan terhadap para guru, Kepala Sekolah tingkat TK, SD dan SMP berprestasi se Kabupaten Lingga. Dan, juga untuk kategori Kepala Sekolah berprestasi jenjang SMK tingkat Provinsi Kepri utusan Kabupaten Lingga. (red/hms)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.