DPRD Kepri Bentuk 7 Fraksi, Sekdaprov Adi Tekankan Pentingnya Sinergi Eksekutif-Legislatif

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua Sementara DPRD Kepri Capt. Luther Jansen, didampingi Wakil Ketua Sementara Asmin Patros.

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara menghadiri Rapat Paripurna yang membahas pembentukan dan pengumuman nama-nama fraksi serta susunan pimpinan dan keanggotaan fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau masa jabatan 2024-2029.

Acara ini berlangsung di Ruang Rapat Sidang Utama DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Balairung Raja Khalid Hitam, Tanjungpinang, Rabu (18/9), dan dipimpin oleh Ketua Sementara DPRD Kepri Capt. Luther Jansen, didampingi Wakil Ketua Sementara Asmin Patros.

Dalam rapat paripurna tersebut, Iman Sutiawan dari Fraksi Gerindra ditetapkan sebagai Ketua DPRD Kepri masa jabatan 2024-2029. Sementara itu Hj. Dewi Kumalasari dari Fraksi Golkar didapuk sebagai Wakil Ketua I, T. Afrizal Dachlan dari Fraksi Nasdem sebagai Wakil Ketua II dan H. Bakhtiar sebagai Wakil Ketua III DPRD Kepri untuk masa jabatan yang sama.

Selain itu, rapat paripurna juga mengumumkan terbentuknya tujuh fraksi di DPRD Kepri. Fraksi Gerindra dan Fraksi Golkar masing-masing terdiri dari sembilan anggota, Fraksi Nasdem memiliki delapan anggota, Fraksi PKS sebanyak enam anggota, Fraksi PDIP dengan empat anggota, Fraksi Demokrat Nurani yang terdiri dari Partai Demokrat, Hanura dan Perindo dengan lima anggota, serta Fraksi Amanat Nasional Kebangkitan Bangsa yang beranggotakan Partai PAN dan PKB.

Dalam sambutannya, Sekdaprov Adi mengapresiasi pembentukan fraksi-fraksi DPRD serta penyusunan pimpinan definitif yang berlangsung lancar dan tertib.

“Ini adalah awal yang baik untuk DPRD Provinsi Kepulauan Riau masa bakti 2024-2029. Saya berharap seluruh fraksi dapat bekerja secara kolektif dan sinergis untuk kesejahteraan masyarakat Kepri,” kata Sekdaprov Adi.

Sekdaprov Adi juga menekankan pentingnya kerjasama yang solid antara pemerintah provinsi dan DPRD dalam menjalankan fungsi legislasi, pengawasan dan anggaran.

“Tantangan yang dihadapi Provinsi Kepulauan Riau ke depan akan semakin kompleks. Oleh karena itu, sinergi antara eksekutif dan legislatif menjadi kunci untuk menghadirkan solusi yang tepat dan cepat bagi masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut, Sekdaprov Adi mengharapkan agar seluruh fraksi yang terbentuk dapat menjaga profesionalisme dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka.

“Kita semua memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga stabilitas politik dan kemajuan pembangunan di Kepri. Saya yakin dengan semangat kebersamaan, kita mampu mencapai target-target pembangunan yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Sekdaprov Adi juga mengajak para pimpinan dan anggota DPRD yang baru dilantik untuk selalu berkomunikasi secara aktif dengan masyarakat.

“DPRD adalah representasi dari aspirasi rakyat. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk senantiasa mendengar dan merespons kebutuhan serta harapan masyarakat dengan tindakan nyata,” tutupnya. (Ky)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.