KPU Tanjungpinang Rekrut Pelajar SMA Sederajat Jadi Duta Demokrasi

KPU
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang Muhammad Faizal [Foto: Sahrul/Wartarakyat]

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang akan merekrut pelajar SMA sederajat menjadi duta demokrasi di Pemilu 2024.

Ketua KPU Tanjungpinang Muhammad Faizal mengatakan, duta demokrasi ini berperan mensosialisasikan Pemilu di sekolah masing-masing.

Bacaan Lainnya

“Setiap sekolah akan mengutus pelajar sebagai duta demokrasi untuk menyebarkan informasi di lingkungan sekolah,” kata Faizal, Rabu (13/12/2023).

Faizal menjelaskan bahwa rekrutmen duta demokrasi ini akan melibatkan kolaborasi antara KPU Tanjungpinang dan sekolah-sekolah.

Langkah ini diambil sebagai upaya KPU Tanjungpinang untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan mencegah Golongan Putih (Golput) pada Pemilu 2024.

Faizal mengungkapkan bahwa saat ini, pemilih pemula mendominasi sekitar 52 persen dalam Pemilu 2024.

Dia juga mencatat adanya pandangan di kalangan pemuda yang meragukan kebermaknaan memilih dengan alasan tertentu.

“Saat ini, kita sering mendengar pertanyaan di kalangan pemuda, ‘Mengapa harus memilih jika hasilnya tetap sama saja?,” ujar Faizal.

Peran Media Sukseskan Pemilu 2024

Ketua KPU Tanjungpinang berharap agar media dan media sosial dapat berperan aktif dalam mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak suara.

Upaya sosialisasi dan informasi yang disampaikan kepada masyarakat diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai tahapan Pemilu 2024.

“Melalui sosialisasi dan peran media, pemilih muda dan pemilih pemula dapat lebih memahami pentingnya menggunakan hak suara mereka,” tambahnya.

Faizal juga menyampaikan bahwa dari total pemilih tetap sebanyak 167.076 di Tanjungpinang, 52 persennya berasal dari pemilih pemula dan pemilih muda.

“Oleh karena itu, kita perlu melibatkan semua lapisan masyarakat dalam kolaborasi untuk menjadikan Pemilu sukses,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.