Gelar Sispamkota, Polresta Tanjungpinang Siap Amankan Pemilu 2024

Sispamkota
Simulasi pengamanan aksi demo anarkis oleh kelompok masyarakat

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYATPolresta Tanjungpinang melakukan simulasi sistem pengamanan dalam kota (Sispamkota) di depan Gelora Tri Sribuana Dompak, Tanjungpinang, Rabu (18/10/2023).

Sispamkota disaksikan langsung Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Hasan, Ketua KPU M. Faizal, Ketua Bawaslu Muhammad Yusuf, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Yuniarni Pustoko Weni, Forkopimda dan perwakilan partai politik.

Bacaan Lainnya

Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol Haribertis Ompusunggu menyampaikan, Sispamkota dilaksanakan dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2024 mendatang.

Menurutnya, dalam Sispamkota dilaksanakan simulasi mulai dari pengamanan logistik, pengamanan kampanye, pemungutan suara dan penghitungan suara.

Selain itu, lanjutnya, juga dilaksanakan simulasi demo oleh kelompok masyarakat yang menuntut adanya pemilihan ulang karena dinilai terjadi kecurangan.

Kelompok masyarakat melakukan demo di depan kantor KPU Tanjungpinang. Dalam demo itu terjadi aksi anarkis, pendemo beringas menyerang petugas yang mengamankan jalannya demonstrasi.

“Sispamkota ini kita menunjukkan kepada masyarakat juga partai politik, bahwa TNI Polri siap untuk mengamankan Pemilu 2024,” ujarnya.

Saat disinggung potensi kerusuhan menjelang Pemilu 2024, Kapolresta mengungkapkan belum ditemukan potensi mengarah adanya kerusuhan. “Sementara dari informasi Intel masih minim, tapi kita tidak pernah underestimate,” ujarnya.

Sementara untuk potensi kerawanan, pihaknya baru memetakan satu lokasi yakni di Pulau Penyengat. Ia menambahkan, kerawanan di Pulau Penyengat karena terpisah lautan.

“Kita akan ploting personil dengan maksimal di Pulau Penyengat, untuk mengamankan logistik harus sampai dengan selamat karena dibatasi oleh laut,” imbuhnya.

Pj Wali Kota Tanjungpinang Hasan usai menyaksikan Sispamkota memberikan apresiasi atas kesiapan pengamanan untuk menjaga kondusifitas guna mensukseskan Pemilu serentak.

Menurutnya, melalui Polresta menggelar pelatihan bagi personel di lapangan sebagai wujud komitmen dan kesiapan semua pihak jelang Pemilu 2024.

“Mudah-mudahan atas segala upaya dan persiapan yang telah dilakukan akan menghasilkan pesta demokrasi yang aman dan lancar,” sebut Hasan dalam keterangannya.

Ditambahkannya, simulasi ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari upaya bersama sebagai gambaran dan langkah yang diambil jika terjadi kerawanan situasi yang mungkin terjadi.

Dengan adanya pelatihan simulasi Sispamkota yang dilakukan dan telah peragakan oleh para personel gabungan ini akan meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan kita dalam pengamanan saat pelaksaan Pemilu 2024.

“Pemko Tanjungpinang juga turut bersinergi dan berkontribusi dalam hal pengamanan melalui Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran dan BPBD,” pungkasnya.

Ikuti Selengkapnya Artikel Kami di Google News – Wartarakyat.co.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.