Ratusan Juleha Siap Diterjunkan Sembelih Hewan Kurban

Juleha
Saparilis dikukuhkan menjadi Ketua Juru Sembelih Halal (Juleha) Kota Tanjungpinang

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Sebanyak 100 orang yang tergabung dalam DPD Juru Sembelih Halal (Juleha) diterjunkan untuk menyembelih hewan kurban saat hari raya Idul Adha 2023.

Ratusan Juleha ini akan diturunkan ke ratusan Masjid dan Musholla, yang ada di wilayah setempat. Hal ini dilakukan, untuk memberikan jaminan higienis dan halal saat proses penyembelihan hewan kurban.

Bacaan Lainnya

Ketua Juleha Tanjungpinang, Saparilis mengatakan 100 orang Juleha tersebut telah diberikan pelatihan dalam menyembelih hewan kurban sesuai syariat islam. Sepert cara menjinakkan hingga menumbangkan hewan kurban.

“Artinya hewan kurban tidak bisa dipaksa. Kemudian cara menumbangkan hewan kurban dengan alat-alat terkini,” ujar Saparilis, Kamis (22/6/2023).

Dia menerangkan, sedikitnya ada 400 Masjid dan Musholla yang ada di wilayah Kota Tanjungpinang. Nantinya, 100 petugas sembelih dari Juleha akan turun ke ratusan Masjid dan Musholla tersebut.

Menurutnya, 100 orang Juleha ini cukup untuk menyembelih hewan kurban di 400 Masjid dan Musholla. Nantinya, kata Saparilis satu Juleha akan memegang dua Masjid atau Musholla.

“Kita akan berupaya, satu orang bisa memegang du Masjid. Lagi pula, hari menyembelih hewan tidak sama. Ada yang hari kedua ataupun ketiga,” kata Saparilis.

Saparilis menegaskan, bahwa petugas sembelih dari Juleha ini tidak perlu dibayar oleh Masjid atau Musholla. “Kita kerja sosial untuk menyembelih hewan kurban,” pungkasnya.

Ikuti Selengkapnya Artikel Kami di Google News – Wartarakyat.co.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.