DPRD Desak Dinas PUPR Tanjungpinang Percepat Lelang Sejumlah Proyek Strategis, Termasuk Pembagunan USB SMPN 17

Sekretaris Komisi III DPRD Kota Tanjungpinang, Ashadi Selayar

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang meminta dan mendesak agar Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang segera melakukan lelang tender sejumlah proyek strategis di Kota ini tahun anggaran 2023.

Pertemuan anggot Komisi III DPRD Kota Tanjungpinang dengan Dinas PUPR kemarin (Senin 15/5/2023) guna mendesak pelelangan sejumlah proyek strategis di daerah ini
Salah satu yang menjadi wakil perhatian dan sorotan rakyat Kota Tanjungpinang tersebut yakni, terkait proyek pembangunan USB Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN 17) yang terletak di Kawasan di Jalan Hanjoyo Putro, Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur yang direncanakan dibangun pada tahun ini melalui dana APBD Kota Tanjungpinang senilai Rp3,2 Miliar lebih.

Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya proyek mandek di akhir tahun dengan berbagai alasan oleh pihak pelaksana pekerjaan, dan salah satunya terkait kondisi cuaca yang jelang akhir tahun biasanya terjadi musim hujan dan buntutnya, pihak kontraktor yang disalahkan.

“Kita mendesak Dinas PUPR Kota Tanjungpinang untuk segera melakukan proses lelang sejumlah proyek strategis tahun anggaran 2023 yang telah direncanakan sebelumnya,”ujar anggota DPRD Kota Tanjungpinang dari Komisi III, Ashadi Selayar pada awak media ini, Selasa (16/5/2023).

Ashadi, Politisi Partai Golkar ini juga menyebutkan, bahwa pihaknya dari DPRD telah mendatangi dan menayangkan langsung ke Dinas PUPR kota Tanjungpinang untuk meminta penjelasan terkait ada informasi masyarakat tentang beberapa pelaksana proyek strategis di daerah ini yang belum jalan.

“Kita ketemu langsung dengan Kadis termasuk sejumlah pejabat terkait di Dinas PUPR tersebut kemarin, untuk meminta penjesan atas informasi yang kita dapat dari masyarakat terkait beberapa proyek strategis di daerah ini yang belum jalan. Dari pertemuan tersebut, salah satu alasan mereka (PUPR), karena adanya perubahan anggaran dan penyesuaian harga,”ucap Ashadi.

Terkait proyek pembangunan USB SMPN 17, Ashadi menyebutkan, dari keterangan pihak Dinas PUPR, untuk kegiatan proyek tersebut telah dimasukkan ke ULP (Unit Layanan Pengadaan) untuk dilakukan proses lelang.

“Khusus untuk SMPN 17, Dinas PU sebut belum dilelang, namun sudah dimasukkan ke ULP. PU seharusnya sudah melakukan pelelangan di triwulan pertama. Jangan sampai ditunda-tunda terus akhirnya nanti bisa menumpuk di akhir tahun. Sekarang sudah bulan Mei, dan untuk proses pelalangan proyek tersebut cukup memakan waktu. Apalagi kita tahu, biasanya seputaran bulan Agustus hingga Oktober sudah memasuki musim penghujan,”ujar anggota DPRD Kota Tanjungpinang yang kerab lantang menyuarakan aspirasi masyarakat setiap rapat dengan OPD Kota Tanjungpinang ini.

Menurutnya, dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, jarang sekali bahkan tidak ada proyek pembangunan infrastruktur yang berlangsung hingga akhir triwulan kedua.

Berdasarkan data yang diperoleh media ini, setidaknya terdapat belasan proyek yang menggunakan dana APBD Kota Tanjungpinang dengan nilai miliaran rupiah serta puluhan proyek dengan nilai ratusan juta rupiah yang dikerjakan sejumlah OPD di Kota Tanjungpinang yang hingga saat ini belum dan masih dalam tahap proses pelalangan.

Khusus untuk USB SMP Negeri 17, pihak Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang sendiri pada tahun ajaran baru 2023-2024, dikabarkan sudah mulai membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Sementara dari pihak OPD terkait termasuk Dinas PUPR Kota Tanjungpinang sendiri, saat ini belum diperoleh keterangan lebih lanjut oleh awak media ini (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.