Stok Sapi Kurban di Tanjungpinang Cukup

Sapi Kurban
Ilustrasi stok sapi kurban di Tanjungpinang cukup

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang mengklaim stok sapi untuk kurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah cukup.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan di DP3 Tanjungpinang Wantin menyampaikan, saat ini tercatat ada 866 ekor sapi di Tanjungpinang.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, jumlah tersebut diprediksi akan cukup untuk kebutuhan kurban di Tanjungpinang.

“866 ekor ini data yang kami catat pada 10 Juni 2022 kemarin. Sedangkan kebutuhan sapi kurban yang kami dapatkan dari Kemenag sekitar 850 ekor sampai 900 ekor. Namun kemungkinan besar akan masuk lagi dari Anambas dan Natuna, sehingga kita prediksi cukup,” ujarnya saat dihubungi, Senin (20/6/2022).

Menurutnya, ketersedian sapi kurban tahun ini jika dibandingkan tahun lalu memang lebih sedikit. Untuk ketersediaan tahun lalu di pedagang dan peternak ada sekitar 1.000 ekor.

“Sekarang dibawah itu. Hal ini dikarenakan pintu masuk dari luar Provinsi Kepri belum dibuka untuk mendatangkan sapi,” terangnya.

Sehingga saat ini, para pedagang mendatangkan sapi dari Kabupaten Natuna dan Anambas serta dari Kabupaten Bintan.

Sedangkan ketersediaan kambing, tambah dia, sangat terbatas sekali. Mengingat pintu masuk dari Kuala Tungkal, Jambi masih ditutup.

“Sedangkan di sini stoknya sangat menipis. Lagi pula kambing ini banyak diperlukan untuk kebutuhan akikah dan lainnya. Sehingga jika kami mendata minggu ini misalnya ada puluhan ekor. Lalu minggu depan sudah terjual,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.