Pimpin Upacara Hardiknas, Wako Rahma Ajak Masyarakat Semangat Songsong Lembaran Baru Pendidikan Merdeka Belajar

Walikota Tanjungpinang, Rahma Saat Mempimpin Upacara

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYATPemerintah Kota Tanjungpinang menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022, di lapangan Pamedan Ahmad Yani, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (12/5/2022).

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma selaku inspektur upacara membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim.

Rahma menyampaikan keinginan Mendikbud Ristek, agar anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri.

“Karena itu, kemendikbud ristek secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan merdeka belajar,” ucapnya.

Menurutnya, krisis pandemi ini adalah ladang optimisme yang menunggu untuk kita panen. Saat ini ada sebagian yang sudah menerapkan pembelajaran tatap muka secara terbatas, ada juga yang tengah bersiap.

Dirinya bersemangat melihat masyarakat sadar bahwa kita harus bergerak maju dan melakukan berbagai lompatan kemajuan tanpa keraguan dengan mengedepankan keselamatan dan kesehatan.

“Di depan kita masih ada sederet tantangan yang harus kita lalui bersama. Mari kita lalui tantangan itu dengan inovasi dan solusi, kita ciptakan sejarah yang gemilang dan terbentang di dunia,” ucap Rahma.

Tahun 2022 ini, lanjut Rahma, peringatan Hardiknas bertema “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”. Untuk itu, ia mengajak masyarakat dan dunia pendidikan bangkit dan bersemangat menyongsong lembaran baru pendidikan Indonesia, khususnya kota Tanjungpinang.

“Mari kita bangkit dan semangat untuk pendidikan yang lebih berkualitas dengan merdeka belajar,” ajaknya.

Usai upacara, didampingi unsur Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Wali Kota Rahma menyerahkan piagam pataka pendidikan kepada sekolah berprestasi bidang akademik dan non akademik untuk jenjang TK, SD, dan SMP.

Adapun sekolah peraih prestasi bidang akademik untuk tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) juara satu diraih TK Negeri Pembina I, juara dua TK Negeri Pembina 5, dan juara tiga diraih TK Dhiya.

Untuk tingkat SD, juara satu diterima SD IT As Sakinah, juara dua SD IT Al Madinah, dan juara tiga dari SDN 003 Tanjungpinang Timur.

Pada bidang non akademik, peraih juara satu jenjang TK diraih TK Negeri Pembina 2, juara dua TK Negeri Pembina 1, dan juara tiga TK Negeri Pembina 4.

Pada tingkat SD, peraih juara satu dari SD IT As Sakinah, juara dua SD IT Al Madinah, dan juara tiga SDN 002 Bukit Bestari.

Sementara untuk jenjang SMP, sekolah berprestasi pada bidang akademik dan non akademik, juara satu diraih SMPN 1, juara dua diraih SMPN 5, dan juara tiga diraih SMPN 7 Tanjungpinang.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Endang Susilawati. Pada perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022, Endang menyampaikan tema pada Hardiknas tahun ini yakni pimpin pemulihan bergerak untuk merdeka belajar.

“Maksud dari tema tersebut pimpin pemulihan sekarang ini kondisi sedang fase pemulihan sementara bergerak untuk merdeka belajar adalah guru tidak lagi hanya duduk datang mengajar melainkan bergerak mengikuti perkembangan terus berinovasi serta berkreasi sehingga kondisi covid bukan menjadi alasan untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita,” pungkasnya

“Maka dari itu kita berharap setiap guru harus bisa mengembangkan diri memotivasi diri sendiri, lingkungan sekitar serta terus berkreativitas,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.