Rahma Harap Masyarakat Miliki Pengetahuan Terhadap Penanggulangan Kebakaran

Walikota Tanjungpinang Hj.Rahma .S.IP. saat menyampaikan sambutannya dalam rangka rapat penanggulangan dan pencegahan keakaran

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tanjungpinang melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran melalui sosialisasi dan edukasi masyarakat.

Kegiatan dibuka oleh Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, yang dilaksanakan di Aula SMAN 4, Jum’at (1/4).

Rahma dalam sambutannya mengatakan, salah satu upaya yang efektif dalam penanggulangan kebakaran di lingkungan adalah dengan menerapkan mitigasi.

“Mitigasi sebagai upaya meminimalkan risiko bahaya oleh karena itu mitigasi diperlukan untuk mencegah atau meminimalkan potensi dampak kebakaran, peran serta masyarakat merupakan kunci utama dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran,” ucapnya.

Selain itu, dengan adanya pelatihan ini Rahma berharap masyarakat mendapatkan pengetahuan dan keterampilan khusus mengenai pencegahan dan penanggulangan terhadap kebakaran.

“Untuk itu diharapkan masyarakat memiliki persepsi yang sama bahwa kerugian akibat kebakaran tidak hanya bersifat individu tetapi dapat merugikan semua pihak baik masyarakat sekitar maupun pemerintah, sehingga dengan memiliki persepsi yang sama dapat menimbulkan motivasi untuk kebersamaan dalam melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran,” harap Rahma.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Hantoni, S.Sos, M.Si dalam laporannya menyampaikan, pelayanan kebakaran merupakan salah satu pelayanan dasar, dimana setiap warga atau masyarakat berhak dan wajib mendapatkan pelayanan kebakaran oleh pemerintah.

“Salah satu bentuk pelayanan tersebut adalah dengan memberdayakan masyarakat untuk secara bersama-sama aktif dalam menanggulangi kebakaran dan dimulai dari lingkungan tempat tinggalnya,” ucapnya.

Ditambahkannya, peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 120 orang.

“Peserta berasal dari perwakilan 18 kelurahan se-Kota Tanjungpinang dan anggota PKK Kota Tanjungpinang, karena ibu-ibu juga harus ikut diberdayakan dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran,” terangnya.

Turut hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Hendra Jaya, perwakilan Kodim 0315/Tanjungpinang, perwakilan Polresta Tanjungpinang, perwakilan OPD Satpol PP, BPBD, dan Basarnas Tanjungpinang, serta narasumber Payodi, A.Md, dan Inspektur Kebakaran Tk.I, Samsul.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.