Ketua Dewan Kepri Sekda Motor Penggerak Maju Mundurnya Suatu Daerah

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT Peran sekretaris daerah (Sekda) dalam sebuah pemerintahan sangat vital. Bahkan, disebut-sebut, Sekda adalah motor penggerak dan berperan besar pada maju-mundurnya suatu daerah.

Sangat disayangkan bila penetapan Sekda oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) harus berlarut-larut. Ini tentu dapat mempengaruhi kinerja pemerintahan, lantaran wewenang Penjabat (Pj) Sekda cukup terbatas.

Seperti terjadi di Kepulauan Riau (Kepri), di mana sudah satu bulan lebih, Sekdaprov dijabat oleh Penjabat (Pj).

“Tentu ini mempengaruhi ritme kerja pemerintah daerah,” kata Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak, Jumat (05/11/2021).

Dirinya juga mengakui, Pj Sekda memiliki wewenang yang terbatas. Berbeda dengan Sekda definitif yang dipilih oleh Kemendagri.

Untuk itu, Jumaga berharap Kemendagri bisa segera menetapkan Sekdaprov Kepri.

“Harusnya Kemendagri bisa memahami kondisi di Kepri, sehingga dapat segera memilih Sekda dari nama-nama yang diajukan,” ujarnya.

Jumaga menolak berkomentar ketika ditanya kemungkinan ada tarik menarik kepentingan terkait Sekdaprov Kepri.

“Kalau dilihat lamanya penetapan Sekda Kepri memang patut diduga ada tarik menarik kepentingan. Hanya saja itu masalah lain,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini yang terpenting adalah bagaimana ada Sekda definitif di Kepri, sehingga roda pembangunan di daerah tersebut bisa berjalan normal.

“Peran Kemendagri sangat besar untuk mempercepat penetapan Sekda Kepri, sehingga jalannya pemerintahan di wilayah ini bisa kembali normal,” tukasnya.

Sebelumnya, Gubernur Kepri telah mengajukan tiga nama calon Sekda sebagai hasil seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi madya Sekretaris Daerah Provinsi Kepri 2021 yakni, Adi Prihantara, Misni, dan Sardison.

Saat ini, Sekdaprov Kepri dijabat oleh Lamidi sebagai Penjabat (Pj). Hal ini menuai banyak kritikan dari berbagai pihak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.