Peringati Hari Kemerdekaan ke-76, 284 WBP Lapas Kelas IIA Dapat Remisi Umum

60
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyerahkan SK Remisi Umum pada peringatan Hari Kemerdekaan, Selasa (17/8/2021).

BINTAN | WARTA RAKYAT Sebanyak 284 Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tanjungpinang kembali mendapatkan pengurangan masa tahanan atau remisi umum dalam rangka menyambut HUT RI ke 76.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Tanjungpinang, Wahyu Hidayat.

“Saat ini Lapas Kelas IIA Tanjungpinang mengusulkan pemberian remisi umum pada momen HUT RI ke 76 tahun 2021 sebanyak 284 orang, dan usulan yang disetujui sebanyak jumlah yang 284 orang. Adapun yang diusulkan adalah mereka yang memenuhi syarat administratif dan substantif.” kata Wahyu Hidayat, Selasa (17/8/2021).

Wahyu menjelaskan remisi ini didapat dengan syarat administratif yaitu masa perhitungan hukuman warga binaan telah memenuhi syarat sesuai dengan undang-undang yang berlaku, sedangkan syarat substantif warga binaan selama menjadi anak didik lapas yang telah berkelakuan baik.

Total warga binaan pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Tanjungpinang saat ini adalah 350 orang yang terbagi menjadi 344 orang didalam Lapas dan 6 orang menjalani asimilasi dirumah. Dari 284 warga binaan yang diusulkan terdapat 3 orang yang dinyatakan bebas namun harus menjalani pidana kurungan atau denda.

Beberapa warga binaan yang tidak diusulkan dalam pemberian remisi umum ini merupakan warga binaan yang tidak memenuhi syarat administratif dan substantif.

“Saya berharap dengan diberikannya remisi kepada warga binaan ini dapat menjadi penyemangat bagi mereka untuk berbuat baik lagi dimasa mendatang,” lanjut Wahyu Hidayat.

Ia melanjutkan lagi bahwa kali ini acara pemberian remisi dipusatkan di Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang sesuai dengan arahan pemerintah pusat dan Kanwil Kemenkumham Kepri. Dalam hal ini masing-masing UPT berkoordinasi dengan kepala daerah untuk melaksanakannya.

“Penyerahan Remisi nantinya akan diserahkan oleh kepala daerah kepada perwakilan warga binaan secara simbolis, semoga seluruh kegiatan ini berjalan lancer,” Tambahnya.

Pewarta : Ilham Chairi Mubaroq
Editor     : Prengki Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.