FKDM Harus Peka dan Siaga

18

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT — Dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dari ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang mungkin timbul di Kota Tanjungpinang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tanjungpinang mengukuhkan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kota Tanjungpinang periode 2021-2023. Pengukuhan digelar di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Walikota, Kamis (10/6).

Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP mengukuhkan ketua beserta 26 anggota pengurus sekaligus memberikan pengarahan.

FKDM terdiri dari wakil organisasi masyarakat, lembaga pendidikan, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya. Dalam arahannya, Rahma mengatakan bahwa kewaspadaan dini masyarakat menjadi penting, guna menjaga keamanan dengan senantiasa melihat kondisi kepekaan, kesiapsiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi kemungkinan timbulnya gangguan keamanan.

“Potensi dan indikasi sekecil apapun harus diantisipasi dengan penuh kepekaan dan kesiagaan, karena benturan kepentingan ekonomi, politik, sosial, agama, etnis dan ideologi setiap saat bisa muncul, sehingga deteksi dini adanya indikasi dan potensi gangguan keamanan harus selalu dilakukan di lingkungan masing-masing,” ujarnya.

Kedepan Rahma berharap agar pengurus FKDM secara bersama-sama dapat mengantisipasi dan mewaspadai potensi munculnya gesekan, dan ketegangan, karena dengan kebersamaan, komunikasi dan koordinasi yang baik akan menghadirkan sinergisitas yang terarah dan efektif guna mewujudkan kondusifitas Kota Tanjungpinang terutama dalam kondisi pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, Rahma meminta kepada pengurus FKDM yang diketuai oleh Syamsul Bahri untuk dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. “Kepada para pengurus harus mampu menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data serta informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa bencana dalam rangka pencegahan dan penanggulangan secara dini. untuk itulah FKDM harus lebih peka dan siaga dalam segala situasi dan kondisi apapun,” lanjutnya.

Terakhir Rahma berharap dengan kondisi pandemi COVID-19, anggota FKDM mampu membimbing masyarakat agar selalu menjalankan protokol kesehatan.

“Diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah dalam melakukan sosialisasi, mengawasi dan menginformasikan akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan 3M dan vaksinasi yang tujuannya untuk mengurangi penyebaran COVID-19,” pungkas Rahma.

Turur hadir dalam acara pengukuhan tersebut perwakilan FKPD Kota Tanjungpinang, Kepala Badan Kesbangpol Kota Tanjungpinang, Ahmad Nur Fattah, S.Sos, MM, Kabag Prokompim Elvi Arianti, S.Pt, M.Si, Ketua LAM Kota Tanjungpinang, H. Wan Raffiwar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.