Warga Senang: Jalan Tanah dan Becek yang Diperjuangkan Ria Ukur, Akhirnya Disemenisasi Usai Lebaran

343
Anggota DPRD Tanjungpinang Kota, Ria Ukur Rindu Tondang, SE saat turun ke lapangan bersama pihak Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Rabu (28/4) pagi

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Warga Kampung Flores, RT 001/ RW 002, Kelurahan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang merasa senang lantaran jalan pemukiman mereka yang masih tanah dan becek akan segera disemenisasi.

“Masyarakat setempat sangat senang. Senang karena kalau sudah dibangun warga tak akan mengalami jalan becek dan licin lagi,” kata Sherly, warga setempat.

Sherly mengungkapkan, jalan yang sudah belasan tahun dilalui warga kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat.

“Sudah lama. Sudah 18 tahun saya disini. Ada sekitar 13 rumah lah disini,” ucapnya.

Sementara itu Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Ria Ukur Rindu Tondang, SE saat turun ke lapangan bersama pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang, Rabu (28/4) pagi, mengatakan bahwa jalan pemukiman warga akan dibangun usai Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah nanti.

“Berdasarkan komunikasi dengan Plt Kadis PUPR Tanjungpinang, Zulhidayat, pembangunan jalan itu akan dilaksanakan dalam waktu dekat, tepatnya setelah lebaran nanti,” katanya, Rabu (28/4).

Anggota DPRD Tanjungpinang Kota, Ria Ukur Rindu Tondang, SE saat turun ke lapangan bersama pihak Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Rabu (28/4) pagi

Lebih lanjut politisi Partai NasDem dari Dapil Bukit Bestari ini mengungkapkan, kondisi jalan bertanah tersebut diketahui berdasarkan hasil reses turun langsung ke lokasi perkampungan sejak Tahun 2020 lalu.

“Pada saat kesana, warga meminta jalan pemukiman yang sudah ditinggali 20 tahun lebih tersebut bisa diperbaiki. Kondisi saat ini, masih bertanah dan membuat mobilitas sulit,” ucapnya.

Apalagi saat hujan turun, kata Ria Ukur, membuat warga dan kendaraan sulit melintas. Melihat kondisi demikian ia pun menilai perlu pembangunan jalan semenisasi.

Ia menuturkan, pada November 2020 telah disampaikan kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang agar menjadi perhatian dan bisa diakomodir pembangunannya.

Alhasil, setelah berkoordinasi, pihak Dinas PUPR Tanjungpinang berencana melakukan pembangunan tahun ini.

”Memang saya akui belum semua ruas jalan diperbaiki. Dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan anggaran,” tuturnya.

”Bagi warga yang penting dimulai dan tahun depan harapannya tetap menjadi perhatian dan dilanjutkan,” tambahnya.

Ia berharap, dengan adanya pembangunan semenisasi jalan itu warga di kawasan tersebut bisa merasa lebih nyaman untuk jangka panjang.

Anggota DPRD Tanjungpinang Kota, Ria Ukur Rindu Tondang, SE saat turun ke lapangan bersama pihak Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Rabu (28/4) pagi

Menurut Ria Ukur, jalan di kawasan itu bisa saja dibangun menyeluruh, asalkan persoalan lahan bisa diselesaikan.

“Jika lahan tuntas, maka bisa menjadi dasar usulan ke pemerintah untuk dibangun. Jika lahan masih masalah, maka pembangunan tidak bisa dilakukan,” pungkasnya.

“Pemerintah juga perlu dukungan masyarakat, utamanya menjaga ketertiban dan juga sumbangsih pemikiran. Agar pembangunan yang dilaksanakan berjalan lancar dan baik,” tutupnya.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, membenarkan rencana pembangunan jalan Kampung Flores dalam waktu dekat ini.

“Betul. Jadi tahun ini kita merencanakan tahap I dulu untuk pembangunan jalan Kampung Flores itu. Karena itu kan cuma ada anggarannya sekitar Rp 100 juta saja,” ujar Zulhidayat, saat dikonfimasi, Rabu (28/4) sore.

Diketahui, sebelumnya ia menuturkan bahwa jalan pemukiman di kawasan itu sudah layak diperbaiki.

Ia menjelaskan, seluruh ruas jalan di tengah masyarakat yang masih bertanah dan rusak memiliki hak yang sama untuk diperbaiki.

Hanya saja, lanjut dia, belum bisa dilakukan sekaligus. Pembangunan akan dilaksanakan secara bertahap karena tergantung kemampuan anggaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.