Wakil Ketua III dan Anggota DPRD Kepri Hadiri Pembukaan Musrenbang Tingkat Kota Batam

34
Wakil Ketua III DPRD Kepulauan Riau dr. Afrizal Dachlan dan anggota DPRD Kepri Dapil Kota Batam menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Tingkat Kota Batam Tahun 2021, di Ballroom Hotel Harmoni One, Kota Batam, Selasa (06/04/2021).

BATAM | WARTA RAKYAT Wakil Ketua III DPRD Kepulauan Riau dr. Afrizal Dachlan dan anggota DPRD Kepri Dapil Kota Batam menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Tingkat Kota Batam Tahun 2021, di Ballroom Hotel Harmoni One, Kota Batam, Selasa (06/04/2021).

Turut hadir juga Wakil Ketua Komisi I DPRD Kepri Taba Iskandar, S.H., M.H., M.Si, Anggota Komisi II DPRD Kepri Asmin Patros, S.H., M.Hum, Sekretaris Komisi IV DPRD Kepri Ir. Wirya Putra Sar Silalahi, serta Anggota Komisi IV DPRD Kepri Alex Guspeneldi, dan Wahyu Wahyudin, A.Md.

Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kepri dr. Afrizal Dachlan, mengungkapkan Pemprov Kepri telah menetapkan pengembangan wilayah di Kota Batam ditujukan sebagai pusat hubungan logistik internasional, pariwisata, industri kedirgantaraan, industri digital dan kreatif serta international trade and finance center.

Penetapan ini, lanjut dia, agar Batam dan Kepri secara umum akan semakin maju dan berdaya saing dengan negara tetangga dalam semua aspek kehidupan.

“Untuk itu perlu perencanaan pembangunan yang terintegrasi antara provinsi dan kota, serta seluruh kabupaten di Kepri. Kepri yang makmur, berdaya saing dan berbudaya akan cepat terwujud,” ujar Afrizal, Selasa, (6/4).

Lebih lanjut ia menjelaskan, ditetapkanlah fokus pembangunan wilayah Kota Batam, diantaranya pada pengembangan jalur transportasi lokal dan internasional, pembangunan jalan, jembatan dan drainase, Pembangunan infrastruktur utama dan penunjang kegiatan industri, pengembangan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus).

Selain itu, ujar Afrizal, ada juga pengembangan industri galangan kapal, jasa kepelabuhan, pergudangan, offshore, dan elektronik, pengembangan pelabuhan logistik, pengembangan kawasan industri dan pariwisata Galang Rempang.

“Juga menjadikan Batam sebagai tujuan utama wisata MICE di Indonesia, memfasilitasi dan percepatan pembangunan jembatan Batam-Bintan, serta pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif,” ucapnya.

Politisi NasDem ini berharap berharap bahwa ada rangkaian sinergis berkelanjutan yang diikuti pula oleh kabupaten/kota dimana tema pembangunan pada RKPD provinsi kepri tahun 2022 mewarnai tema pembangunan pada RKPD tahun 2022 kabupaten/kota.

“Hal ini akan memberikan nuansa kolaborasi dalam perencanaan pembangunan yang terintegrasi antara provinsi dan kabupaten/kota,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.