Jadilah Generasi Muda yang Dapat Memahami Isi Kandungan Al-Qur’an

Walikota Tanjungpinang, Rahma membuka perhelatan MTQ Kecamatan Bukit Bestari
Walikota Tanjungpinang, Rahma membuka perhelatan MTQ Kecamatan Bukit Bestari

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT Pembukaan Musabaqah Tilawati Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan Bukit Bestari 2021 disambut meriah oleh masyarakat. Meskipun dalam suasana pandemi Covid-19, MTQ ini dapat terlaksana dengan lancar. MTQ ini dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 15-17 Maret 2021 di Halaman Kantor Camat Bukit Bestari dibuka secara resmi, Senin (15/3).

MTQ di buka secara resmi oleh Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP yang ditandai dengan pemukulan beduk. Dalam sambutannya, Rahma mengajak agar melalui pelaksanaan MTQ perkuat generasi muda dengan memahami Al Qur’an.

“Generasi muda tidak hanya memahami ilmu pengetahuan dan teknologi saja, namun juga diperkuat dengan ilmu agama untuk menjadi fondasi dalam kehidupan, saya berharap kedepan generasi muda Kota Tanjungpinang dapat memahami isi dari kandungan Al Qur’an dan terhindar dari perbuatan negatif serta menangkis paham radikalisme,” ungkapnya.

Rahma juga mengatakan MTQ ini sebagai ajang prestasi generasi Qurani yang bergengsi dan perlu disebarluaskan kepada seluruh masyarakat.

“Al-Qur’an pedoman hidup bagi kita semua umat Islam, ajang MTQ ini merupakan ajang bergengsi untuk unjuk prestasi generasi Qurani, kita harap melalui MTQ ini dapat melahirkan qori dan qoriah yang berkualitas,” kata Rahma.

Camat Bukit Bestari, Lia Adhayatni, SH, MH menyampaikan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang Al-Qur’an melalui MTQ ini agar dapat mempertebal kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“MTQ ini bertujuan untuk memperluas dan meningkatkan syi’ar Islam serta membangun Ukhuwah Islamiyah dan mempererat silaturahmi,” jelasnya.

Lia juga menjelaskan cabang-cabang perlombaan pada MTQ terdiri dari Cabang Tartil, Tilawah anak-anak, remaja dan dewasa serta juga dilaksanakan lomba-lomba pendukung lainnya seperti lomba kompang dan marawis.

“Peserta MTQ ini merupakan utusan dari 5 kelurahan di Kecamatan Bukit Bestari yang telah diseleksi melalui MTQ Kelurahan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu,” ungkap Lia.

MTQ Bukit Bestari ini diawali dengan defile kafilah dari 5 kelurahan di lingkungan Kecamatan Bukit Bestari. Sebelum memulai acara, dilakukan juga pelantikan Dewan Hakim dan Dewan Juri MTQ oleh Camat Bukit Bestari.

Dalam pembukaan MTQ ini dihadiri juga Kabag Kesra, H. Saparillis, S.Ag, M.Si, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Hj. Sulikah, M.Pd.I, Kepala Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Ketua LAM Kota Tanjungpinang, Kapolsek Bukit Bestari dan masyarakat Bukit Bestari yang antusias menyaksikan qori dan qoriah yang melantunkan ayat suci Al-Quran dari cabang tilawah golongan dewasa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.