Pegadaian Tanjungpinang Timur Rangkul Bank Sampah MBS Kelola Sampah Jadi Emas

22
Kepala Pegadaian Tanjungpinang Timur, Hafiz

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT Pegadaian Tanjungpinang Timur memberikan program Corporate Social Responsibilty (CSR) kepada bank sampah Mitra Bahagia Sejahtera (MBS).

Pemberian CSR ini berupa Tong Ajaib (Maggot Composter) senilai 8 juta rupiah kepada bank sampah Mitra Bahagia Sejahtera.

Deputi Bisnis area Batam, Alius mengatakan program CSR tersebut merupakan program Nasional, karena pegadaian hadir bertranformasi dengan salah satu programnya adalah bersih-bersih lingkungan.

Alius juga mengatakan program ini nantinya terus berkelanjutan, selain dari program itu, nantinya masyarakat dapat memilah sampah menjadi emas.

“Program bersih-bersih lingkungan dengan tagline memilah sampah menjadi emas akan terus berkelanjutan, disitu kita juga akan mengedukasi bagaimana nanti memilah sampah menjadi emas, artinya orang bawa sampah di jual ke bank sampah hasilnya itu boleh diambil tunai boleh diemaskan,” kata Alius, Rabu (3/3/2021) sore.

Di Tanjungpinang sendiri sudah kita ada dua tempat program bersih-bersih lingkungan dengan tagline memilah sampah, yaitu di Bank Sampah MBS dan di Kamboja.

“Pada prinsipnya kami memfasilitasi untuk sarana prasarana yang mereka butuhkan, misalkan tadi tong ajaib ada juga mungkin mesin pengelolaan sampah yang lain nanti kita pilah-pilah yang mana membutuhkan dan memberikan manfaat kepada masyarakat dan bank sampah maka itulah yang kita pilih di setujui,” sambung Alius.

Alius menambahkan pada prinsipnya pegadaian mempersilahkan kepada masing-masing bank sampah untuk mengkreasikan semaksimal mungkin mereka untuk menyetor anggotanya yang memilah sampah.

“Dari sampah berupa kertas atau nanti berupa pupuk dan sebagainya artinya mereka nanti akan menjual hasil sampah itu kepada bank sampah, nah rupiahnya itu nanti ditabungkan di tabungan pegadaian seperti dalam bentuk emas, artinya kita tidak membatasi harus kertas, harus organik enggak kita batasi silakan saja sepanjang itu yg disampaikan itu peduli pada lingkungan,” ucap Alius.

Sementara, Direktur Bank Sampah MBS, Lasmarianti mengucapkan terimakasih kepada pegadaian karena telah menggandeng Bank Sampah Mitra Bahagia Sejahtera (MBS).

“Terimakasih kepada pegadaian Tanjungpinang Timur atas adanya CSR dari program bersih-bersih dalam hal ini taglinenya Memilah sampah menjadi emas,” kata Lasmarianti.

Lasmarianti juga mengatakan hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama untuk membuat lingkungan yang bersih dari sampah.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepri, Hendri, Ketua Koperasi Bank Sampah, Suryadi dan Ketua beserta anggota Bank sampah yang ada di Kota Tanjungpinang.

Pewarta : Ilham
Editor     : Prengki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.