Cegah Penyebaran COVID-19, Ketua Komisi I DPRD Kepri Minta Gugus Tugas Proaktif Awasi Prokes

Ketua Komisi I DPRD Kepri Bobby Jayanto.

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Tim gugus tugas Covid-19 Pemprov Kepri maupun Pemko Tanjungpinang diminta lebih proaktif melakukan pengawasan Protokol Kesehatan (Prokes), terlebih di tempat-tempat keramaian.

Demikian ditegaskan Ketua Komisi I DPRD Kepri Bobby Jayanto. Permintaan itu bukan tanpa alasan, karena ia melihat sendiri petugas dalam upaya pengawsan Prokes masih jauh dari maksimal.

“Seperti di kawasan Taman Gurindam 12, ramai sekali masyarkat berkerumun di waktu sore atau pun akhir pekan mengabaikan menjaga jarak. Tentu kondisi ini berpotensi penyebaran virus, dan kita tidak melihat petugas ada lalukan pengawasan,” ujar Bobby, Senin (1/2/2021).

Tampak warga tidak menjaga jarak

Menurut Legislator Kepri Dapil Kota Tanjungpinang ini, bila tim gugus tugas “kendor” dalam menjalankan pengawasan Prokes, kasus-kasus baru akan terus bermunculan.

“Laporan penambahan kasus masih aja ada, itu pertanda pandemi masih jadi ancaman di sekeliling kita. Saya minta petugas gugus tugas di lapangan lebih proaktif mensosialisasikan, pengawasan dan membubarkan kerumunan,” tegas Bobby seraya katakan, tim gugus tugas jangan hanya rapat, tapi pelaksanaan di lapangan sangat diperlukan.

Disamping pengawasan Prokes tempat keramaian, Bobby mengungkapkan, tidak menerapkan menjaga jarak kapal fery Batam-Tanjungpinang.

Tampak warga tidak menjaga jarak

“Saya kemarin melihat sendiri, di dalam Fery yang saya tumpangi, para penumpang duduknya tidak berjarak, dan penuh sesak tak dibatasi jumlahnya. Padahal sebelum-sebelumhya dikursi itu ada batasan, tapi sekarang tidak pula,” ungkapnya, seraya katakan tim gugus tugas jangan hanya diam, beri himbauan dan tindakan terkait Prokes Covid-19 ke mereka.

Bobby pun mengingatkan, seiring penambahan kasus baru masih bermunculan, dalam upaya tracking agar dimaksimalkan, supaya penyebaran virus dapat terdeteksi lebih dini.

“Saya khawatir dan perihatin terhadap korban akibat postif Covid-19. Kasihan masyarakat kalau tim gugus tugas tidak menjalankan tugasnya dengan maksimal,” demikian Bobby.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.