Anggota DPRD Tanjungpinang, Agus Chandra Wijaya Ajak Warga Beli Produk UMKM Lokal

Anggota DPRD Kota Tanjungpinang dari Fraksi NasDem Agus Chandra Wijaya saat mengunjungi pelaku UMKM kerupuk

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Anggota DPRD Kota Tanjungpinang dari Fraksi NasDem Agus Chandra Wijaya mengajak warga untuk membeli produk lokal dari hasil pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tanjungpinang, Selasa (19/01/2021).

Menurut pengamatan Agus, di masa pandemi COVID-19 dan menjelang tahun baru imlek ini daya beli masyarakat sangat rendah.

“Kita berharap perbanyak beli barang-baraang produksi lokal, jadi supaya ekonomi dan perputaran uang tetap di derah kita,” imbuhnya.

Agus mengatakan, momen ini harus dijadikan sebagai bentuk dukungan untuk lebih awal bangkit dibandingkan daerah lain dari keterpurukan ekonomi pasca wabah pandemi COVID-19.

Bahkan, kata Agus Chandra, untuk  memajukan perekonomian masyarakat dirinya selalu mempromosiikan produk UMKM Tanjungpinang di daerah lain.

“Termasuk saya sering mempromosikan diluar kota,” ucap Agus, yang juga mantan Pemimpin Redaksi di salah satu media cetak tahun 2000-an ini.

Dalam kesempatan itu Agus juga mengajak pelaku UMKM agar menampilkan hasil produk dengan kemasan menarik, sehingga nantinya mampu bersaing di pasaran.

“Saya juga menghimbau para pelaku UMKM agar dapat naik kelas lah, karena ini ada program pemerintah UMKM naik kelas. Artinya produk harus dijaga, kualitas dijaga, bungkusnya (packingnya) dipercantik, promosinya digencarkan. Berbagai faktor itu kita harus upgrade-lah, mulai dari diri kita sampai produk usaha kita,” ajaknya.

“Kalau cobaan ini sudah lewat, kalau kita sudah mapan, kita pasti bisa ekspansi (pengembangan usaha) keluar. Saya banyak liput, banyak lihat usaha mereka ini sudah dari generasi ke ke generasi, itulah yang saya rasa perlu ada pengembangan kedepan,” tutupnya.

Diketahui, sebelumnya telah dikabarkan media ini bahwa Pemerintah Kota Tanjungpinang telah mengandeng toko modern, untuk mempromosikan dan meningkatkan pemasaran produk yang dihasilkan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Tanjungpinang.

Kerja sama ini diresmikan Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, dalam bentuk penandatanganan MoU antara pemerintah kota Tanjungpinang dan toko modern tentang kerja sama penyediaan ruang promosi, pemasaran, dan penjualan produk hasil industri kecil dan menengah (IKM), di aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, kantor wali kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (6/1/2021).

Menurut Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, kerja sama yang dilakukan pemko dengan swalayan ini bertujuan untuk membantu memfasilitasi produk IKM agar bisa dipasarkan dengan menyediakan tempat khusus.

“Alhamdulillah, hari ini, saya tandatangani MoU dengan enam swalayan besar di kota Tanjungpinang yaitu, Pinang Lestari, Pinang Kencana, Wellcome, Zoom, Pasar Raya Bintan 21, dan Kurnia,” ujar Rahma beberapa hari yang lalu.

Dalam kerja sama ini, lanjut Rahma, pihaknya akan menyediakan etalase di setiap swalayan yang isinya produk-produk UMKM dan IKM.

Selain itu, Pemko Tanjungpinang juga akan membantu promosikan produk yang dihasilkan IKM lebih dikenal masyarakat luas.

“Nanti ada SPG nya. Kita siapkan dari dinas perdagangan dan perindustrian. Silakan antar, kita tidak pungut biaya alias gratis,” ucapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.