15 Januari 2021, Tahap Awal Vaksinisasi Tenaga Kesehatan Dilakukan di Tanjungpinang

395
Kadinkes Kota Tanjungpinang, Rustam (Kiri), Walikota Tanjungpinang, Rahma (Tengah), Kapolres Tanjungpinang, AKBP Fernando (Kanan) usai rapat koordinasi tentang vaksinisasi, Jumat (8/01/2021)

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT — Kepolisian Resort (Polres) Kota Tanjungpinang bersama Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melakukan rapat persiapan pendistribusian Vaksin di wilayah Kota Tanjungpinang.

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kota Tanjungpinang, AKBP Fernando menyampaikan rencana untuk melakukan vaksinisasi kepada tenaga medis akan dilakukan 15 Januari 2021 mendatang.

“Jadi kita saat ini, rapat dengan forkompinda berkaitan dengan kesiapan untuk pendistribusian vaksin di Kota Tanjungpinang, kita ketahui sekitar 25 ribu vaksin itu sudah ada di gudang farmasi di Provinsi Kepri, dimana berdasarkan informasi yang kami terima, rencana menunggu keputusan pemerintah informasi awal yaitu sekitar tanggal 15 januari, itu akan di suntikkan kepada tenaga medis di Kabupaten atau Kota berkaitan dengan itu,” Kata Kapolres Kota Tanjungpinang AKBP Fernando.

Kapolres mengatakan dalam hal tersebut pihak Kepolisian mengambil inisiatif akan melaksanakan pengamanan vaksin.

“Tentunya kita selaku aparat kepolisian berinisiatif bagaimana pelaksanaan pengamanan vaksin ini kemudian kami koordinasi dengan pemerintah kota apakah pemko sudah siap untuk melaksanakan pemberian vaksin kepada tenaga medis,” ujarnya.

Sementara, Walikota Tanjungpinang, Rahma mengatakan sekitar lebih kurang 2.500 vaksinyang sudah sampai di Kota Tanjungpinang dan rencananya vaksin yang akan digunakan pertama ialah tenaga medis yang berada di Kota Tanjungpinang.

“Karena dari 2.500 ini, itu tidak dilakukan secara serentak, karena ada rangkaiannya perhari itu berapa untuk berapa puskesmas kita sudah siapkan, artinya untuk Kota Tanjungpinang khusunya di lingkungan Dinas Kesehatan atau pun tenaga media maupun segala sesuatunya kita sudah persiapkan, insya allah kita siap melaksanakan vaksinisasi ini,” ungkap Rahma.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam mengatakan sekitar 14 Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang akan digunakan dengan dilakukan 3 sesi dalam 1 hari.

“Kita ada 14 faskes, tiap fakses nantinya 1 hari 30, karena 3 sesi, mulai jam 9 setiap sesinya 10 orang,” terang Rustam.

Untuk tahap pertama, Rustam mengatakan dilakukan vaksinisasi untuk SDM kesehatan dan tokoh-tokoh masyarakat pejabat publik, sementara untuk masyarakat rencana akan dilakukan pada Bulan April 2021 hingga Maret 2022.

“Untuk masyarakat rencananya pada Bulan April 2021 hingga maret 2022,” tutup Rustam menjelaskan.

Pewarta : Ilham
Editor     : Prengki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.