Pjs Bupati Bintan Ingatkan Semua Nelayan Mewaspadai Curah Hujan Tinggi hingga Awal Tahun 2021

44

Pjs Bupati Bintan Buralimar di sela apel kesiapan bencana alam dan non alam serta antisipasi bencana La Nina (iklim dingin), di halaman Polres Bintan, Jumat (6/11).

BINTAN | WARTA RAKYAT – Pjs Bupati Bintan Buralimar mengingatkan agar semua warga dan nelayan Bintan, untuk mewaspadai curah hujan tinggi hingga awal tahun 2021 mendatang. Fenomena alam La Nina ini bakal terjadi sewaktu-waktu.

Peringatan itu disampaikan Pjs Bupati Bintan Buralimar di sela apel kesiapan bencana alam dan non alam serta antisipasi bencana La Nina (iklim dingin), di halaman Polres Bintan, Jumat (6/11).

Upacara ini dihadiri Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono SIK MM, pimpinan DPRD Bintan, Dandim 0315 Bintan, Kafasharkan Mentigi Tanjunguban, Dansatrad 213 Bintan, Danyon B Sat Brimobda Kepri, Kejari Bintan, Kepala Satpol PP Bintan, Kadis Perhubungan Bintan, Kadis Kesehatan Bintan, Kadis Sosial Bintan, Kepala Basarnas Tanjungpinang, serta dengan peserta apel dan para undangan 115 orang personel.

Pada November 2020 hingga beberapa bulan ke depan, akan terjadi fenomena La Nina, yang dapat mempengaruhi curah hujan yang lebih tinggi, dan gelombang besar di laut. Sehingga dapat menyebabkan bencana hidro-meteorologis seperti banjir dan tanah longsor.

Rilis BMKG yang menyatakan, sedang menguatnya fenomena La Nina di samudera pasifik membuat wilayah sekitar, khususnya Indonesia perlu waspada dan mempersiapkan segala antisipasi.

“Apel ini sebagai bentuk kesiapan pemerintah daerah bersama instansi terkait lainnya, dalam cepat tanggap menghadapi bencana. Secara geografis, Bintan memang harus banyak bersyukur. Tapi jangan sampai lengah dan acuh. Sebab bencana bisa datang kapan saja, dan di mana saja,” jelas Buralimar dalam amanatnya.

Pjs bupati berharap, semua pihak dapat mempersiapkan diri dalam segala kondisi. Serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk dapat sadar, dan sigap akan bencana.

“Tugas kita juga memberi pemahaman kepada masyarakat, kita yang harus menjaga. Jangan buang sampah sembarangan, selalu update prediksi cuaca dan harus selalu siap. Yang tidak kalah penting, kita semua sama-sama berdoa memohon perlindungan dari Allah SWT,” tambahnya.

Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono menambahkan, Polres Bintan sangat mendukung dalam hal kegiatan yang mulia ini, yaitu penanganan bencana alam sekaligus antisipasi La Nina di wilayah Kabupaten Bintan.

“Serta tidak lupa juga, kita harus selalu mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dalam menjalankan tugas penanganan bencana alam La Nina ini,” tambah Bambang Sugihartono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.