Bekali Masyarakat Tentang Pilkada Kepri 2020, Kesbangpol Tanjungpinang Gelar Sosialisasi

46
Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Pemerintah Kota Tanjungpinang, RionoStaf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Pemerintah Kota Tanjungpinang, Riono

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT РBadan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan Peningkatan Pengetahuan Masyarakat tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur tahun 2020, di Ballroom Hotel CK Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Kamis (22/10/2020).

Wali Kota Tanjungpinang yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Pemerintah Kota Tanjungpinang, Riono mengatakan, pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Pasalnya, kata Riono, karena dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19, sehingga ituasi ini menjadi tantangan untuk mengambil kebijakan dan langkah-langkah yang luar biasa.

“Masyarakat harus dibekali pengetahuan dan pemahaman mengenai protokol Covid-19 dalam pemilihan Gubernur Kepri. Sehingga pilkada dapat berjalan aman, tertib, lancar, damai, dan masyarakat tetap sehat,” ucap Riono.

Dijelaskannya bahwa peran serta masyarakat, khususnya yang berdomisili di wilayah kota Tanjungpinang sangat diharapkan sebagai bentuk partisipasi dalam menyukseskan pilkada serentak, sekaligus mewujudkan demokrasi dan langkah merealisasikan kedaulatan rakyat.

Di samping itu, partisipasi masyarakat menjadi indikator peningkatan kualitas demokrasi dan kehidupan politik bangsa.

Maka itu, untuk menghindari adanya golput perlu dilakukan peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya demokrasi.

Terlebih lagi, lanjut Riono, saat pandemi ini, peningkatan pengetahuan masyarakat tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur dengan memperhatikan protokol kesehatan menjadi penting bagi kita semua.

“Ini untuk memperkuat partisipasi masyarakat dalam terselenggaranya demokrasi yang efektif dan efisien berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” tambah Riono.

Dia berharap lewat kegiatan ini, masyarakat Kota Tanjungpinang dapat memahami tentang pelaksanaan pemilihan gubernur pada masa pandemi COVID-19 ini.

“Ikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, dengarkan dan perhatikan penjelasan yang diberikan oleh narasumber. Lakukan tanya jawab bila ada hal-hal yang perlu dipertanyakan,” pesan Riono.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kota Tanjungpinang, Achmad Nur Fatah, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan pemilihan Gubernur Kepri pada masa pandemi COVID-19.

“Harapannya, masyarakat ikut berperan aktif dalam kemajuan bangsa, salah satunya memilih pemimpin secara langsung umum, bebas dan rahasia,” ujar dia.

Achmad mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, mulai 22-23 Oktober 2020 dan diikuti 500 orang peserta yang berasal dari tokoh masyarakat, adat, agama, pemuda, organisasi masyarakat, mahasiswa, dan forum RT dan RW se- kota Tanjungpinang.

“500 orang peserta tersebut, dibagi menjadi dua hari, masing-masing hari diikuti 250 orang peserta. Narasumber berasal dari wali kota, kejari, kapolres, dandim, ketua DPRD, kepala dinas kesehatan, KPU, dan bawaslu kota Tanjungpinang,” tutup dia.

Acara juga dirangkai dengan pemberian plakat kepada narasumber. Penyerahan plakat dilakukan oleh Kepala Badan Kesbangpol kota Tanjungpinang. (Humas/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.