Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Siapkan PPDB Online

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Atmadinata

TANJUNGPINANG | Warta Rakyat – Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang tengah mempersiapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2020/2021 secara online.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Atmadinata menjelaskan, pihaknya sudah merancang sistem penerimaan murid baru SD dan SMP secara online.

Nanti, lanjutnya, orangtua murid tidak ada yang mengambil formulir lalu daftar ke sekolah yang dituju.

Begitu juga untuk pengumuman kelulusan siswa SD pada 15 Juni dan 5 Juni untuk SMP, kita umumkan melalui website Disdik.

“Sistem online ini kita rancang untuk menghindari kerumunan saat situasi pandemi Covid-19 ini,” ujar Atmadinata, disela acara penyerahan bantuan sembako, di Aula SMPN 4 Tanjungpinang, Senin (4/5/2020).

“Jadi, pengumuman kelulusan dan proses penerimaan murid baru kita lakukan secara daring,” terangnya.

Menurut Atmadinata, jalur masuk PPDB tahun ini tetap memakai sistem zonasi 75 persen zonasi, 5 persen melalui jalur prestasi, 5 persen jalur perpindahan orangtua, dan 15 persen adalah bagi keluarga ekonomi tidak mampu.

“Tapi, yang bisa lintas zonasi itu untuk siswa yang berprestasi. Mereka mau masuk sekolah mana saja bisa.” pungkas dia.

Terkait jumlah kuota kursi sekolah, Atmadinata memastikan cukup untuk menampung semua siswa. Namun, ia minta agar masyarakat bisa memahami dan tidak bersikeras supaya anaknya bisa masuk ke sekolah tertentu.

“Saya imbau masyarakat untuk tidak memaksakan diri agar anaknya masuk ke sekolah yang dianggap favorit. Tolong dimengerti, sistem zonasi itu, supaya siswa lebih dekat pergi ke sekolah. Jadi, tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos transportasi lebih untuk menuju ke sekolah,” tuturnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.