Buka Musrenbang Penyusunan RKPD 2021, Syahrul Sampaikan 13 Pokok Arah Kebijakan

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd, saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020, di Ballroom Hotel CK Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (11/3/2020)

TANJUNGPINANG | Warta Rakyat – Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd, membuka langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020, di Ballroom Hotel CK Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (11/3/2020).

Dalam kesempatan itu, Walikota menyampaikan 13 pokok arah kebijakan pembangunan kota Tanjungpinang dalam penyusunan RKPD 2021 yaitu pengembangan pusat kebudayaan Melayu, penyelenggaraan event seni budaya Melayu, peningkatan sarana dan prasarana serta fasilitas akreditasi sekolah PAUD dan pendidikan dasar.

Peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, promosi perilaku hidup bersih dan sehat, kompetensi petugas kesehatan, sarana dan prasarana rumah sakit dan puskesmas, serta peningkatan pelayanan KB.

Kemudian, pengembangan smart people dalam menunjang smart city, peningkatan kualitas lembaga dan koordinasi pemenuhan hak perempuan dan anak, serta peningkatan kompetensi pelatih dan pembinaan atlet cabang olahraha prestasi,” jelas Syahrul.

Wali kota menyadari, kemampuan pemko Tanjungpinang, baik dari sisi manajerial, aspek sumber daya manusia, maupun kemampuan penganggaran sangatlah terbatas. Sementara kegiatan pembangunan yang harus didanai menggunakan APBD jumlahnya sangat banyak.

Oleh karenanya, diperlukan kecermatan untuk pembentukan program-program yang menjadi prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan.

Pendekatan kolaboratif dengan berbagai pemangku kepentingan dan penguatan desentralisasi pembangunan kewilayahan serta program-program inovatif untuk membangun kota Tanjungpinang, harus  terus diperkuat.

“Ini untuk mewujudkan visi Tanjungpinang sebagai kota yang maju, berbudaya, dan sejahtera dalam harmoni kebhinekaan masyarakat madani,” pungkasnya.

Walikota berharap, kegiatan musrenbang ini menjadi sarana untuk memperkuat koordinasi dan kolaborasi antar perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam memberikan solusi dan melahirkan perencanaan yang lebih strategis, sinergi dan tepat sasaran.

Dalam laporannya, Kepala Bappelitbang Kota Tanjungpinang, Ruli Friady mengatakan musrenbang ini bertujuan untuk menghasilkan kesepakatan yang akan dituangkan dalam rancangan RKPD Kota Tanjungpinang yang menitikberatkan pada pembahasan untuk sinkronisasi rencana kerja antar OPD dengan usulan dari musrenbang kelurahan dan kecamatan.

Hal itu guna pencapaian tujuan pembangunan daerah dalam koridor regulasi kerangka anggaran yang telah ditetapkan.

Musrenbang RKPD ini, lanjut Ruli, berlangsung selama dua hari (10-11/2).

“Untuk sidang kelompok berdasarkan bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah, bidang sosial dan pemerintahan, bidang ekonomi, serta bidang pemberdayaan masyarakat dibagi menjadi satu sesi dan telah dilaksanakan pada Selasa (10/3). Sedangkan acara pembukaan dan penutupan dilaksanakan pada Rabu (11/3),” terangnya.

Dalam acara tersebut, Walikota melakukan penandatanganan MoU dengan Rektor Universitas Raja Ali Haji (Umrah) dalam rangka meningatkan kualitas SDM untuk mendukung pembangunan di bidang sains dan teknologi, serta pengembangan potensi daerah kota Tanjungpinang.

Acara juga dirangkai dengan pemberian penghargaan bagi kecamatan dan kelurahan terbaik pelaksanaan murenbang tahun 2020. Tiga kelurahan terbaik dalam pelaksanaan murenbang yakni kelurahan Dompak, Air Raja, dan Kamboja. Sementara kecamatan yang meraih predikat terbaik adalah kecamatan Tanjungpinang Timur.

Turut hadir, Wakil Wali Kota, Rahma, Kepala Barenlitbang Provinsi Kepulauan Riau, Drs Naharuddin M. TP, ketua, wakil ketua, dan anggota DPRD kota Tanjungpinang, para pejabat pemko Tanjungpinang, serta unsur masyarakat di kota Tanjungpinang.(Hum/Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.