Pelamar Panwascam di Tanjungpinang Meningkat, Warga Diharap Beri Tanggapan

135
Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini, M.Kom.I (kiri) saat memantau Pokja Perekrutan Calon Panwascam di Kantor Bawaslu Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG | Warta Rakyat Penerimaan pendaftaran Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Bawaslu Kota Tanjungpinang yang berlangsung secara terbuka dan luas mendapatkan antusias dari warga.

Bahkan ada peningkatan pendaftar yang cukup signifikan dibandingkan Pemilu sebelumnya.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini menjelaskan, total pendaftar Panwascam ada 83 orang. Sementara pada saat perekrutan Panwascam pada Tahun 2017 hanya berjumlah 36 orang.

“Artinya ada peningkatan sekitar 120% warga yang berminat sebagai penyelenggara pengawasan di tingkat kecamatan”, ungkap Zaini

Tanjungpinang

Lanjut Zaini, 83 pendaftar tersebut dengan jumlah sebaran 30 orang di Kecamatan Tanjungpinang Timur, 15 orang Tanjungpinang Barat, 9 orang Tanjungpinang Kota dan 29 orang Bukit Bestari.

Proses tahap akhir, yang akan direkrut 3 orang disetiap kecamatan, sehingga total 12 orang dari 4 kecamatan Se-Kota Tanjungpinang, yang akan mengawal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Tanjungpinang Novira Damayanti mengungkapkan, saat ini berlangsung penelitian dan verifikasi administrasi, selanjutnya akan diumumkan kelulusan administrasi pada tanggal 12 Desember.

Lanjutnya, tanggal 12-15 Desember akan dibuka tanggapan dan masukan masyarakat terhadap pendaftar tersebut, untuk memastikan pendaftar tidak terlibat dalam unsur politik (baik pengurus/anggota/tim kampanye/tim sukses).

Novira menambahkan, formulir tanggapan dapat diambil dikantor Bawaslu Kota Tanjungpinang atau bisa didownload di website www.tanjungpinangkota.bawaslu.go.id, lalu diantarkan langsung ke kantor atau dikirimkan melalui email Bawaslu.

Sedangkan ujian tertulis, kata Novira, akan dilaksanakan tanggal 13 Desember, dengan sistem online socrative atau semacam CAT.

Selain itu, untuk memastikan pendaftar bebas dari dugaan unsur politik dan bersih dari dugaan rekam jejak catatan kriminalitas, pihknya akan bekerjasama dengan KPU Tanjungpinang dan Polres Tanjungpinang pinang untuk dilakukan tracking atau pengecekan.

“Semoga terpilih Panwascam yang berintegritas dan profesionalitas dalam menciptakan Pilkada 2020 yang demokratis, bermartabat dan berkualitas,” harapnya.

“Tentunya kami sangat berterima kasih atas kerjasama dan dukungan semua pihak,” pungkas Novira yang juga Kordiv SDM dan Informasi ini.

Editor: marolop


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.