Bawaslu Tanjungpinang Evaluasi Hasil Pengawasan Pemilu 2019

197
Tanjungpinang
Keluarga Besar Bawaslu Kota Tanjungpinang, Jumat (28/6/2019) di halaman Kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG | Warta Rakyat – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tanjungpinang menggelar evaluasi hasil pengawasan Pemilihan Umum Tahun 2019, di New Marjoly Beach Resort, Jumat (28/6/2019).

Sebelum hasil pengawasan dilakukan pemaparan oleh seluruh Panwascam , Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini, M. Kom.I dalam sambutannya menyampaikan, bahwa secara umum pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan lancar dan kondusif.

Dalam kesempatan tersebut, Zaini mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi seluruh Pengawas yang telah membantu mensuksekan Pengawasan pemilu 2019.

Meskipun terdapat beberapa pelanggaran, namun pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin melakukan pencegahan dan penindakan.

Tanjungpinang

Adapun pengawasan yang dilakukan pihaknya selama berlangsungnya pemilu sejak Oktober 2017 lalu yakni mulai dari pemutakhiran data pemilih, pendaftaran peserta pemilu,  kampanye, masa tenang, pungut hitung hingga pengawasan rekapitulasi perolehan suara.

“kami (Bawaslu, red) mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi seluruh pengawas yang telah membantu mensuksekan Pengawasan pemilu 2019,” ujar Zaini, Jumat (28/6/2019).

Zaini menjelaskan, tujuan dilakukannya evaluasi guna mengetahui hasil pengawasan.

Selain itu, kegiatan yang disejalankan dengan halalbihalal Idul Fitri 1440 H tersebut juga bertujuan untuk mengidentifikasi kendala atau permasalahan dalam pengawasan, sekaligus pemetaan pengawasan dalam menyongsong pemilu berikutnya yakni Pemilihan Gubernur Kepulauan Riau Tahun 2020.

“Evaluasi laporan ini menjadi roh dan spirit kita semua pada pemilu kedepannya,” pungkas Zaini, Jumat (28/6/2019)

“kita membahas permasalahan yang terjadi dalam setiap tahapan pemilu yang dimulai dari pemutakhiran data pemilih, kampanye hingga pengawasan rekapitulasi perolehan suara,” sambungnya.

Lebih lanjut dikatakannya, laporan pengawasan oleh Panwascam serta tindak lanjut atau rekomendasi dari hasil pengawasan akan direkap dan disampaikan kepada Bawaslu Kepri dan Bawaslu RI.

Selain itu, laporan tersebut akan dijadikan sebuah buku yang menceritakan gambaran potret pengawasan pemilu 2019, sehingga menjadi dokumen penting yang bisa dibaca, dilihat dan diketahui semua pihak.

“laporan dari panwascam akan kami buat buku, sehingga menjadi dokumen dan informasi penting bagi semua pihak yang ingin mengetahuinya,”kata Zaini.

Untuk itu, lanjut Zaini, sebagai wujud dedikasi atau pengabdian, pihaknya akan memberikan piagam penghargaan berupa sertifikat penghargaan yang langsung ditandatangani Ketua Bawaslu Republik Indonesia.

Kegiatan tersebut dihadiri ketua, anggota dan staff Bawaslu Kota Tanjungpinang, komisioner dan staff Panwaslu Kecamatan Se – Kota Tanjungpinang.

Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.