Pasca lebaran, Begini Cara Prajurit Lanud RHF Jaga Stamina

Prajurit Lanud saatmelaksanakan Cross Country, Kamis (13/6/2019).

TANJUNGPINANG |  Warta Rakyat – Saat lebaran, biasanya setiap orang selalu berusaha untuk mengatur pola makan agar tidak berlebihan, namun untuk menerapkannya memang sangat sulit. Akibatnya tubuh menyimpan kalori berlebih yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Untuk itu Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah, Kolonel Pnb Elistar Silaen, memerintahkan seluruh prajuritnya untuk melaksanakan Cross Country, Kamis (13/6/2019).

Cross Country sendiri merupakan lari ala militer, di mana setiap prajurit mengenakan pakaian dinas lapangan (PDL) TNI Lengkap berlari sambil membawa senjata laras panjang.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 07.30 WIB, start dari Gedung Expo Bintan, dengan berlari menyusuri rute yang telah ditetapkan sekitar 2,5 km, dan Finish di daerah Sei Jang, Tanjungpinang.

Seluruh Prajurit Lanud RHF mengikuti kegiatan tersebut terkecuali prajurit yang sedang menjalani Pendidikan, dinas khusus, ataupun dinas luar.

Bahkan Komandan Lanud RHF beserta para kadis pun mengikuti kegiatan tersebut dari awal kegiatan hingga selesai.

Sebelum pelaksanaan, Danlanud RHF sempat memberikan arahan kepada prajuritnya untuk berlari dengan semangat dan maksimal, namun tetap memperhatikan keselamatan prajurit.

“Apabila ada prajurit yang kurang fit agar tidak dipaksakan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.

Dalam pelaksanaan Cross Country tersebut, prajurit dibagi masing ke dalam 10 regu, di mana satu regu terdiri dari 6-7 orang. Keberangkatan diurutkan dari setiap regu pertama hingga terakhir dengan jeda waktu 1 menit setiap regunya. Di mana setiap regu tersebut akan saling bersaing menjadi yang tercepat dan terkompak.

“Penilaian berdasarkan waktu tempuh, yang dilihat dari peluncur atau orang pertama yang finish, lalu waktu orang terakhir, dan waktu keduanya dijumlahkan,” ujar Lettu Kes Juhari yang menjabat Kabinjas Lanud RHF.

Sementara itu, Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah, Kolonel Pnb Elistar Silaen, S.T. mengungkapkan bahwa selain untuk membakar kalori berlebih pada setiap prajurit pasca lebaran juga untuk melatih fisik prajurit.

“Untuk me-maintenance kemampuan fisik kemiliteran setiap prajurit Lanud RHF, sehingga selalu terbina, terjaga fisik serta kemampuannya, sehingga selalu siap dalam melaksanakan tugas,” jelas Danlanud RHF.

Penulis : beto
Editor  : frengki

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.