Petrus: Kepala OPD Seharusnya Memiliki Kompetensi di Bidangnya

459

Anggota DPRD Kota Tanjungpinang menghadiri Festival Budaya dan Etnis Nusantara, Selasa (30/4/2019) di Lapangan Pemedan Tanjungpinang (f-red)

TANJUNGPINANG | Warta Rakyat – Terkait rotasi dan pelantikan sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Tanjungpinang pada Selasa (30/4/2019) siang membuat Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Petrus M. Sitohang angkat bicara.

Petrus berharap kedepannya penempatan jabatan yang baru mendahulukan pertimbangan kompetensi yang dimiliki pegawai dalam penugasan baru.

Pasalnya, ada beberapa bidang keahlian yang sangat teknis yang sebenarnya tidak tepat diberikan kepada staff yang notabene bukan latar belakang pendidikan di bidangnya.

“Prinsip the right man on the right place harus jadi pertimbangan utama. Saya melihat dalam rotasi yang sekarang ini prinsip itu kurang tampak,” ujar Petrus M. Sitohang, Selasa (30/4/2019) malam disela-sela menghadiri Festival Budaya dan Etnis Nusantara di Lapangan Pemedan Tanjungpinang.

“Posisi Kepala OPD seharusnya diberikan kepada orang yang secara teknis juga kompeten di bidangnya,” sambungnya.

Misalnya, kata Petrus, sektor pertanian, perikanan, peternakan adalah bidang yang sangat teknis. Jika pejabat yang memimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dibidang tersebut tidak memiliki latar belakang pendidikan atau pengalaman di bidangnya bagaimana mungkin bisa menyusun rencana strategis di OPD yang dipimpinnya.

Oleh karena itu ia mengkhawatirkan nantinya kinerja dari susunan kabinet yang dilantik kurang maksimal lantaran tidak sesuai dengan kecakapan yang ditunjuk.

“Saya memahami bahwa setiap pegawai perlu semacam tour of duty untuk memperkaya pengalamannya. Namun penempatan di bidang yang sama sekali tidak berhubungan dengan pendidikan keahlian dan pengalamannya hanya akan merugikan yang bersangkutan dan kinerja organisasi secara keseluruhan,” pungkasnya

Sebelumnya dikabarkan Walikota Tanjungpinang, Syahrul melantik 207 pejabat di lingkungan Pemko Tanjungpinang, Selasa (30/04/2019).

Mereka yang dilantik terdiri dari 12 orang pejabat eselon II, 24 orang pejabat eselon III dan 171 orang pejabat eselon IV.

Setidaknya ada 12 orang pejabat yang menempati jabatan baru, diantaranya mantan Sekda Kota Tanjungpinang, Riono, kini menjabat Staff Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan Kota Tanjungpinang. Selain itu, Dadang Abdul Gani yang sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan, kini dilantik menjadi Staff Ahli Bidang Keuangan dan SDM Kota Tanjungpinang.

Sementara saat ini jabatan Sekda dan 4 Kepala Dinas masih kosong. Untuk itu Pemko Tanjungpinang berencana segera melakukan open biding (lelang jabatan) dalam mengisi kekosongan tersebut.

Diantaranya Dinas Pendidikan, Satpol PP, Badan Penelitian  dan Pengembangan (Bappelitbang),  dan BP2T Tanjungpinang.

Pewarta : Marolop
Editor.    : Frengki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.