Penetapan Unsur Pimpinan DPRD Kabupaten Bintan, Fiven Sumanti Perempuan Pertama jadi Ketua Defenitif

Pengucapan sumpah/janji unsur pimpinan DPRD Kab. Bintan yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Irwan Munir,S.H, M.H, Rabu (25/9/2024). f-dewi/wartarakyat.co.id

BINTAN |WARTA RAKYAT – Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bintan melaksanakan rapat paripurna pengucapan sumpah/janji Pimpinan DPRD Kabupaten Bintan masa jabatan 2024-2029 di ruang rapat utama DPRD Kabupaten Bintan, Bandar Seri Bentan, Rabu (25/9).

Sidang paripurna dipimpin oleh Ketua sementara DPRD Bintan Muhammad Wahyu Nugraha dari fraksi Golkar didampingi oleh Wakil Ketua Sementara DPRD Winarno dari fraksi Demokrat.

Selanjutnya pengucapan sumpah/janji Ketua DPRD Bintan Fiven Sumanti, Wakil Ketua I Eriyanti dan Wakil Ketua II Mirwan yang dipandu oleh ketua Pengadilan Negeri Tanjungpinang Irwan Munir,S.H, M.H setelah pembacaan SK Gubernur Provinsi Kepri Nomor 1153 tahun 2024 tanggal 20 September 2024 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kabupaten Bintan 2024-2029 oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Bintan, Riang Anggraini.

Usai pembacaan sumpah/janji, pimpinan sementara Muhammad Wahyu Nugraha menyerahkan palu pimpinan kepada Ketua DPRD Kabupaten Bintan Fiven Sumanti.

Dengan dilantiknya Fiven Sumanti sebagai Ketua DPRD, ini merupakan sejarah baru bagi Kabupaten Bintan, sebab Fiven merupakan perempuan pertama yang menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bintan.

Ketua DPRD Kabupaten Bintan Fiven Sumanti dalam sambutannya mengatakan sumpah/janji yang diucapkan merupakan ikrar yang lahir dari hati yang paling dalam serta mengandung makna bukan saja dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT, tetapi juga dipertanggungjawabkan secara moral kepada daerah dan masyarakat Kabupaten Bintan.

“Sumpah yang diucapkan merupakan beban dan tanggung jawab yang sangat besar untuk dapat membawa lembaga DPRD yang menjadi lembaga yang memiliki integritas di mata masyarakat,” kata Fiven Sumanti.

Lanjut Ketua DPRD, “Terima kasih kepada seluruh masyarakat Bintan yang telah berpartisipasi pada Pemilu 2024, serta memberikan kepercayaan untuk memimpin DPRD Bintan.

Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bintan, Fiven meneruskan, akan berusaha semaksimal mungkin dan menjalankan tugas dan fungsinya sekaligus bekerja bersungguh-sungguh untuk mengimbangi pembangunan dan menjaga kondusifitas ketertiban umum di Kabupaten Bintan,” Urai Fiven Sumanti.

Usai pelantikan, kepada sejumlah awak media Fiven Sumanti mengatakan akan memberikan warna baru, agar DPRD Bintan dapat menjadi rumah besar  bagi masyarakat  untuk mengadukan aspirasinya di lembaga yang dipimpinnya itu.

“Kami yang duduk disini  adalah unsur pimpinan yang bersifat kolektif, kolegial. Kami akan duduk bersama, apa pun yang ada di DPRD, semuanya akan tersosialisasikan, kami akan memberikan warna yang baru untuk DPRD ini agar dapat menjadi rumah besar untuk masyarakat Bintan untuk mengadukan aspirasinya di lembaga ini,” kata Fiven Sumanti

Sementara itu Wakil ketua II DPRD Kabupaten Bintan Mirwan mengatakan akan segera mengejar pembahasan APBD murni tahun 2025.

“ini yang menjadi target kita yang harus diselesaikan di samping tugas pokok dan fungsi kita yang lain,” kata Mirwan.

Selanjutnya Wakil Ketua I Eriyanti mengatakan akan bersinergi dengan anggota DPRD lainnya dan sebagai alat kontrol di masyarakat, ia pun mengajak Media untuk bisa berdiskusi agar Bintan lebih baik lagi.

“Doakan kami bisa bersinergi, berkolaborasi bersama anggota yang lain, rekan-rekan media ini adalah sebagai alat kontrol, mudah-mudahan kita bisa berdiskusi untuk kita lebih baik lagi,” ujarnya

Sebelumnya, Plt. Bupati Bintan Ahdi Muqsith mengucapkan selamat atas pelantikan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Bintan periode 2024-2029.

“Kami dari Pemkab Bintan berharap agar selalu bersinergi antara legislatif dengan eksekutif setelah pelantikan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Bintan ini. Sehingga, proses pembangunan daerah berjalan lancar,” harap Ahdi Muqsith.

sebagai informasi, agenda pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD Kabupaten Bintan tersebut dihadiri Plt. Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo dan Forkopimda Bintan, Anggota DPRD Bintan, kepala OPD dan para undangan.(dw)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.