Pemkab Bintan Berikan Galanova Award Kepada OPD Terinovatif

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan penghargaan Galanova Award 2024 kepada nominator dan pemenang kategori Perangkat Daerah terinovatif, Jumat (20/9/2024).

BINTAN |WARTA RAKYAT – Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan penghargaan kepada OPD terinovatif pada Galanova Award 2024, Jumat (20/9/2024). Bupati Bintan mengingatkan kepada OPD agar menjaga eksistensi pelayanan publik dari inovasi aplikasi online yang telah disediakan perangkat daerah.

Tahun 2024 ini, Pemkab Bintan melalui Bapelitbang Kabupaten Bintan memberikan lagi kepada OPD atau perangkat daerah yang memiliki inovasi terbaik. Penghargaan diberikan untuk lima kategori dari 19 nominator. Hingga saat ini, Pemkab Bintan telah memiliki 349 inovasi. Dari jumlah tersebut 63 inovasi sudah masuk ke dalam data Kemendagri.

“Nah, dari inovasi yang ada di Bintan, tahun 2024 ini ada 19 inovasi yang masuk nominator penerima Galanova Award 2024,” sebut Supriyono Kepala Bapelitbang Bintan di sela pengumuman dan penyerahan Galanova Award 2024, Jumat (20/9/2024) siang.

“Penilaian terhadap inovasi itu dilakukan oleh dewan juri dari tim independen,” sambungnya.

19 nominator penerima Galanova Award 2024 dibagi ke dalam lima kategori. Masing-masing kategori ditetapkan satu pemenang. Berikut ini daftar penerima Galanova Award 2024 di lingkungan Pemkab Bintan:

Kategori Bentuk Lainnya Terinovatif:

  1. Kelurahan Tanjung Uban Selatan (Bintan Ojek Sampah)
  2. Dinas Pendidikan (Teh Sorgum dan Teh Sirih SDN 004 Toapaya)
  3. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Bina Bang Kosin)

Kategori Tata Kelola Pemerintah Terinovatif:

  1. Bapenda (Simpad)
  2. Dinas PUPR dan Pertanahan (Simanja)
  3. Diskominfo (Santika)

Kategori Inovasi Pelayanan Publik Terinovatif:

  1. DPMPTSP (BIP)
  2. Puskesmas Telung Sebong (Si Jamilah Gaes)
  3. Disnaker (Pijar)
  4. Puskesmas Teluk Bintan (Suami IVA)
  5. Disduk Capil (Pemilih Bintan Goes to School)

Kategori Puskesmas Terinovatif:

  1. Puskesmas Kelong (1B3D: 1 bayi 3 dokumen)
  2. Puskesmas Sei Lekop (Gelawat)
  3. Puskesmas (Canting Emas)

Kategori Perangkat Daerah Terinovatif:

  1. DPMPTSP (BIF)
  2. Bapenda (Simpad)
  3. Disduk Capil (Serving the Village)
  4. Dinas Perikanan (Halo Kaya)
  5. BPBD (Reborn)

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan, Pemkab Bintan menerima penghargaan nasional sebagai daerah perbatasan terinovatif dari Kemendagri, sebanyak 4 kali berturut. Saat ini, 349 inovasi yang dibuat Pemkab Bintan melalui OPD dan perangkat daerah. Dari jumlah itu, 63 sudah masuk data base atau dilaporkan ke Kemendagri.

“Semoga saja kita Bintan bisa meraih menjadi kabupaten terinovatif se-Indonesia. Saya berharap kepada OPD atau perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bintan, jaga eksistensi pelayanan publik dari inovasi yang sudah dibuat. Baik bagi pemenang atau penerima Galanova Award 2024 ini, maupun OPD lainnya,” pinta Roby Kurniawan.

Roby Kurniawan menyebutkan, pada Perubahan APBD 2024 ini dianggarkan Rp875 juta untuk kegiatan Galanova Award. Diharapkan, inovasi yang dibuat OPD dan perangkat daerah ini bisa meningkatkan pelayanan publik atau kepada masyarakat.

“Ini tugas penting. Dari inovasi yang dibuat itu, tingkat pelayanan publik. Jangan habis begitu saja,” tegas Roby Kurniawan Bupati Bintan.

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.