Media Ghatering Kemenag Kepri, Kawal Informasi Kementrian Agama

TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar kegiatan media gathering yang dihadiri perwakilan dari media cetak, online, maupun televisi.

Kegiatan ini diadakan untuk memperkuat kolaborasi pemerintah dan media massa dalam mengawal diseminasi informasi program prioritas Kemenag di Kepri yang dilaksanakan di di Oasis Coffee Bar Hotel CK Tanjungpinang, Jumat malam (31/08/2024).

Mengawali paparannya, Kepala Kemenang Kepri Mahbub daryanto mengatakan Media massa memiliki peran yang sangat strategis dalam mengawal program prioritas pemerintah.

“Agar kami (pemerintah) bekerja sesuai tusi (tugas fungsi), dan dengan kolaborasi ini tidak ada misinformasi di tengah masyarakat,” Ujarnya

Pada kesempatan itu Mahbub menyampaikan beberapa program prioritas yang di lakukan oleh Kemenag Provinsi kepri yaitu : Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Kemandirian Pesantren, Religiousity Index, Cyber Islamic University dan Tahun Kerukunan antar umat beragama.

“Selain itu Kemenag Provinsi Kepri juga mendukung program prioritas pemerintah untuk pencegahan dan percepatan penurunan angka stunting, Penanggulangan kemiskinan, Pemberdayaan ekonomi.” kata Kakanwil Kemenag provinsi Kepri Mahbu Daryanto di hadapan perserta media ghatering.

Bidang penguatan moderasi beragama, mantan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jambi ini menjelaskan beberapa kegiatan yang telah dilakukan, tak hanya kepada salah satu agama Islam saja, tetapi juga kepada agama lain, yaitu : Kristen, Katolik dan Budha.

“Sosialisasi penguatan moderasi beragama, dialog tokoh dan pemuda lintas agama, pembentukan desa sadar kerukunan, fasilitasi bantuan operasional FKUB dan pernyataan sikap tokoh agama berkomitmen dalam bingkai kebangsaan,” terang Mahbub Daryanto.

Kemenag Kepri juga telah melakukan revitalisasi dengan meningkakan sarana dan prasaran untuk 8 Kantor KUA yaitu di Sekupang, Singkep, Batam Kota, Tanjungpinang Timur, Batu Ampar, Bengkong, Sagulung, Bukit BestariTanjungpinang, Batam.

Pada kesempatan media ghatering itu Mahbub membuka sesi tanya jawab kepada peserta terkait layanan pendidikan agama dan keagamaan di Provinsi Kepri

“Ini sebagai bentuk keterbukaan publik sekaligus kontrol social, Jika ada kekurangan pelayanan baik di Madrasah, KUA, dan layanan keagamaan lainnya yang Kemenag bina, sampaikan saja, beritakan saja, supaya kami juga tahu dan segera mengambil tindakan,” Ujarnya.

Kegiatan itu diakhiri dengan berfoto bersama jajaran Kemenag Kepri dengan Awak media dan beramah-tamah. (dw)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.