Festival Kuliner Kepri Ajang Kampanye Cegah Stunting & Gemar Makan Ikan

Ketua TP-PKK Bintan Hafizha Rahmadhani saat pelaksanaan Festival Kuliner di Kijang, Jumat (7/6/2024). F-Diskominfo Bintan

BINTAN | WARTA RAKYAT – Sebagai upaya intervensi penurunan stunting serta bagian dari upaya mengkampanyekan Program Nasional Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Provinsi Kepulauan Riau khususnya di Kabupaten Bintan, Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Kelautan dan Perikanan bersama TP PKK menggelar Festival Kuliner Provinsi Kepri tahun 2024 dan Lomba Masak Berbahan Dasar Ikan, Jum’at (07/06) di Pantai Tanjung Tilih Sei Enam Kijang.

Kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari empat agenda, diantaranya demo memasak oleh chef professional, lomba masak berbahan dasar ikan, pembagian paket olahan hasil perikanan dan ikan beku sebanyak 250 paket untuk ibu hamil dan menyusui serta sosialisasi pemenuhan gizi di 1.000 hari pertama kehidupan.

Bacaan Lainnya

Ketua TP PKK Kepri Dewi Kumalasari yang membuka kegiatan dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pihak penyelenggara dan masyarat yang sudah hadir memeriahkan. Dirinya berharap event semacam ini bisa memberi manfaat positif bagi masyarakat.

Disampaikan juga bahwa Festival Kuliner Provinsi Kepri tahun 2024 merupakan suatu upaya dalam pengoptimalisasian upaya-upaya pencehan dan percepatan penurunan stunting dengan cara menumbuhkan inovasi diversifikasi resep panganan berbahan dasar ikan. Kemudian juga pemenuhan bahan panganan yang bergizi tinggi untuk dikonsumsi oleh keluarga.

Ketua TP PKK Bintan yang turut hadir dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi luar biasa. Dikatakan Hafizha sepak terjang PKK baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten sejauh sudah sangat maksimal dan memberikan beberapa hasil yang baik.

“Kegiatan yang luar biasa. Kita beri edukasi bagi masyarakat, kita harus sama-sama paham apa itu stunting dan cara mencegahnya dengan yag kita bisa. Tadi kita lihat cerdasnya ibu-ibu kita mengolah panganan yang sehat dan bergizi. Gak perlu mahal, yang penting seimbang” jelas Hafizha di penghujung kegiatan.

Adapun pemenang dalam lomba masak berbahan ikan yang dilaksanakan tersebut untuk kategori menu keluarga Juara 1 diraih oleh Kecamatan Teluk Bintan, Juara 2 diraih oleh Kecamatan Bintan Timur dan Juara 3 diraih oleh ecamatan Mantang. Secara keseluruhan, Kecamatan Teluk Bintan keluar sebagai Juara Umum dengan perolehan sebagai berikut :

Kategori menu balita :
Juara 1 Kecamatan Toapaya
Juara 2 Kecamatan Bintan Utara
Juara 3 Kecamatan Teluk Bintan

Kategori menu kudapan :
Juara 1 Kecamatan Teluk Bintan
Juara 2 Kecamatan Toapaya
Juara 3 Kcamatan Bintan Timur.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.