Prediksi Peluang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 versi Data Football Rankings

Football
Ilustrasi. Prediksi Peluang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 versi Data Football Rankings

OLAHRAGA | WARTA RAKYAT – Football Rankings memprediksi peluang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Media yang menggunakan basis data itu menggunakan ribuan simulasi untuk menghasilkan presentase peluang Skuad Garuda.

Bacaan Lainnya

Timnas Indonesia dipastikan bakal berpartisipasi dalam Piala Asia 2023. Turnamen yang diikuti 24 tim tersebut berlangsung di Qatar 12 Januari sampai 10 Februari 2024 mendatang.

Skuad besutan Shin Tae-yong tergabung di Grup D bersama dengan Jepang, Irak, dan Vietnam. Mulai dari fase grup, Football Rankings sudah memprediksi peluang Timnas Indonesia.

Dalam analisis yang menggunakan NT Prediction Formula, kans Indonesia untuk menjadi juara Grup D hanya 0,15 persen. Artinya pula peluang memuncaki klasemen nyaris nihil.

Tak hanya disebut tipis menjadi juara grup, kans menjadi runner up grup juga tipis. Peluang skuad Garuda menempati posisi kedua klasemen hanya sampai 7,12 persen.

Artinya pula peluang lolos tim asuhan Shin Tae Yong ini hanya 7,27 persen. Adapun peluang berada di urutan ketiga cukup besar, 36,82 persen. Sedangkan kans jadi juru kunci 55,91 persen.

Dalam hitungan tersebut Jepang disebut memiliki peluang menjadi juara grup paling besar, yakni 79,84 persen. Adapun peluang menjadi runner up sebesar 19,15 persen.

Peluang Irak dinyatakan paling besar setelah Jepang. Irak disebut memiliki kans jadi juara grup sebesar 19,15 persen, sedangkan menjadi runner up sebanyak 61,14 persen.

Nasib Vietnam tak jauh berbeda dengan Indonesia. Peluang The Golden Dragon jadi juara grup disebut hanya 0,86 persen dan menjadi runner up sebanyak 12,59 persen.

Peluang terbesar Vietnam adalah menempati peringkat ketiga, yakni 45,94 persen. Sedangkan kans menjadi juru kunci grup juga besar, yaitu sebesar 40,61 persen.

Prediksi Peluang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 versi Data Football Rangkings

Peluang Indonesia Juara

Dalam analisis yang sama disebutkan bahwa peluang Timnas Indonesia menjadi juara Piala Asia 2023 adalah nol. Namun, data ini masih baik, menyebut peluang Indonesia ke final 0,06 persen.

Secara keseluruhan, tiga tim yang dianggap terlemah di Piala Asia edisi ke-18 ini adalah Hong Kong, India, dan Indonesia. Malaysia dinilai lebih baik dari Indonesia.

Namun analisis ini tak bisa menjadi acuan. Ini hanya hitungan probabilitas atau kemungkinan, yang ditinjau dari berbagai aspek dan dihitung dalam rumus matematika.

Yang pasti Timnas Indonesia akan melakukan persiapan matang untuk Piala Asia 2023. Rencananya Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan akan berlatih di Turki sejak 20 Desember.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.