TANJUNGPINANG | WARTA RAKYAT – Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang AKP Julius Marulitua Silaen mendukung penerapan e-ticketing di pelabuhan setempat.
PT Mitra Kasih Perkasa (MKP) selaku aplikator merencanakan uji coba e-ticketing di Pelabuhan SBP Tanjungpinang pada hari ini, Senin (11/12/2023).
Kapolsek KKP memberikan beberapa catatan yaitu, bagaimana antisipasi Aplikator Pada Masa hari besar, yang rutinitasnya kapal atau ferry itu jika penuh penumpang langsung berangkat.
“Ini menjadi tolak ukur bagi kita terus diadakan sinergitas yang terukur, operator kapal dengan aplikator, operator kapal dengan Opertor Pelabuhan atau fasilitator dan Regulator Pelabuhan juga aspek kemanaa dan kelancaran serta aspek-aspek lainnya harus diperhatikan,” ujarnya saat talk show dan sosialisasi penerapan e-ticketing belum lama ini.
Selain itu, tambahnya, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, aplikasi e-ticketing ini harus dimatangkan demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pengguna jasa.
“Perlu sinergitas semua kementrian dan Lembaga yang ada di Pelabuhan sri Bintan pura ini,” imbuhnya.
Sebelumnya, Nicholas Anggada, CEO & Co-Founder MKP mengatakan bahwa e-ticketing sudah terbukti menjadi solusi untuk memantau traffic, transaksi, dan transparansi.
“Ekosistem pembelian tiket secara on site dan online, memberi akses pembelian tiket yang mudah, cepat, dan aman. Manifest data penumpang hanya perlu dilakukan sekali saja, data akan tercatat untuk pembelian tiket berikutnya,” ungkapnya.
“Melalui e-ticketing ini pengadministrasian biaya tiket ferry penumpang akan lebih tertib dan
tercatat diantara biaya pass penumpang, biaya asuransi jasa raharja serta biaya jasa ferry penyebrangan,” tambah Nicholas.
Agus Kurniawan selaku Vice President Bank Mandiri Kepri mengatakan inovasi ini sejalan dengan strategi bisnis Bank Mandiri untuk menghadirkan solusi kebutuhan finansial khususnya
masyarakat perkotaan.
Selain itu kedepannya akan didorong kerjasama tiket ferry penumpang domestik dan internasional di Kepulauan Riau ini dapat dibeli di fitur Livin Sukha di aplikasi superapp Livin by Mandiri.
“Bank Mandiri terus melakukan pengembangan untuk menjadi urban locomotive dan masuk ke lingkaran ekosistem masyarakat perkotaan yang dapat memenuhi kebutuhan transaksi
pembayaran masyarakat sehari-sehari, salah satunya pembelian tiket ferry penumpang” ujar Agus.
Kasi Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas II Tanjungpinang, Imran mengatakan dalam implementasi e-ticketing akan dilakukan trial terlebih dahulu per tanggal 11 Desember 2023.
“Dengan uji coba tersebut, kita isa pantau dan perbaiki kedepannya. Harapannya agar digitalisasi e-ticketing ini dapat mempercepat pembelian, memperpendek antrian tiket di pelabuhan,” ungkapnya.
Sebagai salah satu strategi mempersiapkan layanan arus mudik Nataru, Pelindo mendukung penuh penerapan e-ticketing secara on-site dan online.
“Sesuai dengan arahan Kementerian
Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Laut, sistem pembelian tiket secara digital data akan terintegrasi dari Pelabuhan Tanjungpinang dengan Pelabuhan lainnya. Pelindo siap menyokong, agar e-ticketing ini dapat segera terimplementasikan,” ujarnya.
Manfaat keamanan yang diberikan kepada penumpang menjadi prioritas utama dalam penerapan e-ticketing. Akmal, Kepala Cabang Jasaraharja Tanjungpinang mengatakan data penumpang yang tercatat memperoleh perlindungan Asuransi perjalanan.
“Proses klaim tentunya lebih cepat dan tepat, dan manfaat perlindungan tersebut nilainya lebih dari Rp100 juta untuk satu penumpang,” ujarnya.