27 Capaska Tanjunpinang Mulai Jalani Pra Diklat Selama 4 Hari

Capaska
Calon Anggota Paskibraka (capaska) Kota Tanjungpinang mulai menjalani masa Pra Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di lapangan terminal Sei Carang Bintan Center

TANJUNPINANG| WARTA RAKYAT – Sebanyak 27 Calon Anggota Paskibraka (capaska) Kota Tanjungpinang, mulai menjalani masa Pra Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di lapangan terminal Sei Carang Bintan Center.

“Pra diklat ini, tujuannya untuk membentuk fisik, pembinaan mental, serta pelatihan baris berbaris bagi para capaska,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Tanjungpinang Samsudi, Rabu (2/8/2023).

Bacaan Lainnya

Samsudi menyampaikan, Pra Diklat akan berlangsung selama empat hari 2-6 Agustus 2023. Capaska yang terdiri dari 12 putra dan 15 putri akan dilatih oleh lima orang tim pelatih dari TNI, Polri, dan Satpol PP.

Mereka juga dibimbing oleh 15 kakak asuh atau pamong dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) kota Tanjungpinang.

Menurutnya, Setelah masa pra diklat puluhan capaska akan menjalani latihan diklat terpusat di hotel Comforta pada 8-17 Agustus mendatang.

“Mereka nanti diasramakan di hotel Comforta atau yang kita sebut dengan Desa Bahagia,” ucap Samsudi.

Salah seorang pelatih Paskibraka, Sutarno berharap, agar nantinya calon paskibraka dapat melaksanakan kegiatan pra diklat sampai ke tahapan diklat dalam kondisi sehat.

Supaya pada saat pelaksanaan pengibaran dan penurunan bendera nanti dapat melaksanakan tugas dengan baik.

“Pra diklat ini juga untuk mempersiapkan mental para capaska, aga tidak terkejut dengan berbagai macam tantangan dan rintangan yang kemungkinan terjadi,” ujarnya.

Sutarno menekankan, poin penting yang perlu diingat oleh capaska adalah kekompakan dan disiplin. Faktor ini merupakan hal penting untuk membentuk leadership dan kepribadian yang baik.

Di masa pra diklat ini juga, kata Sutarno, pelatih sudah mulai memilih, bahkan sudah menentukan formasi pasukan 17, pasukan 8, petugas pengeret, pembentang, pengulur, dan pembawa baki.

“Sehingga, ketika masuk ke diklat latihan terpusat, adik-adik capaska tinggal pemantapan formasi, pengibaran, penurunan, sampai penjemputan dan pengembalian Sang Saka Merah Putih,” imbuhnya

Ikuti Selengkapnya Artikel Kami di Google News – Wartarakyat.co.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.