Pemerintah Siapkan 700 Ribu Hektare Lahan untuk Ditanami Tebu

Pemerintah
Presiden Jokowi juga berdialog dengan pakar tebu dari Brasil, dr. Plinio dan petani tebu di Kebun Tebu Temu Giring, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (04/11/2022). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA | WARTA RAKYATPemerintah telah menyiapkan lahan seluas kurang lebih 700 ribu hektare untuk ditanami tebu.

Hal tersebut merupakan langkah pemerintah untuk mendorong kemandirian Indonesia di bidang pangan, termasuk komoditas gula.

Bacaan Lainnya

“Akan saya siapkan yang 700 ribu hektare itu. Sekarang baru dapat 180 ribu hektare, kita butuhnya 700 ribu hektare. Akan saya siapkan,” ucap Presiden Joko Widodo melansir dari laman resmi Setkab, Sabtu (5/11/2022).

Lahan yang disiapkan tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia. Presiden Jokowi yakin dengan lahan seluas itu, Indonesia akan bisa mandiri dan bahkan bisa swasembada gula dalam lima tahun kedepan.

“Budaya menanam tebu yang baik memang di Jawa Timur bagus, Jawa Tengah bagus, di Jawa Barat juga bagus. Nanti kita akan lari ke luar Jawa, karena kalau lahan 700 ribu hektare juga bukan lahan yang kecil. Tapi ini akan dengan sekuat tenaga akan saya akan siapkan,” ujarnya.

Jokowi mengungkapkan penanaman tebu dengan varietas baru. Menurutnya, berdasarkan keterangan pakar tebu dari Brazil dr. Plinio, di Indonesia tidak perlu pemupukan untuk yang nitrat, kemudian potas juga tidak perlu karena tanahnya sudah bagus.

Jokowi menuturkan bahwa penanaman tebu dengan varietas baru dalam waktu 26 hari menunjukkan hasil yang baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.