Bawaslu Tanjungpinang Monitoring dan Supervisi Seluruh Panwaslu Kecamatan

354
Foto Bersama Bawaslu Tanjungpinang dengan Panwaslu Kecamatan usai menerima kunjungan, Jumat (26/10)

TANJUNGPINANG | Wartarakyat.co.id Dalam rangka penguatan kelembagaan dan pengawasan Pemilu 2019, Bawaslu Kota Tanjungpinang melakukn monitoring dan supervisi kepada Panwaslu Kecamatan se-Kota Tanjungpinang, Jumat (26/10/18).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Kordiv SDM dan Informasi, serta staf Bawaslu Kota Tanjungpinang.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini, M. Kom. I, mengungkapkan agar komisioner Panwaslu Kecamatan tetap fokus dan menjaga SIMP dalam kegiatan pengawasan kampanye dan tahapan lainnya.

“mari teman-teman untuk tetap fokus dalam pengawasan dan tetap menjaga SIMP. Soliditas, integritas, mentalitas dan profesionalitas itu penting dalam rangka menegakkan aturan”. Kata Zaini, yang juga kordiv Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga ini.

Foto bersama Bawaslu Tanjungpinang dengan Panwaslu Kecamatan Tanjungpinang Barat
Tanjungpinang

Selain itu, ia juga menambahkan para pengawas harus memperhatikan aturan dalam kampanye, meliputi kesesuaian zona pemasangan Alat Peraga Kampanye, jumlah APK, serta desain dan materi APK. Selain itu melakukan pencermatan terhadap data DPTHP.

“teman-teman harus memperhatikan aturan kampanye serta larangannya, serta fokus pengawasan pencermatan DPTHP”. Harapnya kepada Panwaslu Kecamatan Bukit Bestari.

Foto bersama Bawaslu Tanjungpinang dengan Panwaslu Kec. Tanjungpinang Timur

Sedangkan dalam metode pengawasan, ia berharap agar jajaran pengawas selalu melakukan komunikasi pendekatan persuasif dalam penindakan, serta menyampaikan langsung ke tingkat atas, jika terdapat temuan atau laporan dugaan pelanggaran.

“saya berharap agar teman-teman melakukan pendekatan persuasif dalam pengawasan, jika tidak diindahkan sampaikan laporan ke Bawaslu Kota, agar dilakukan penindakan”. Ujarnya

Hal senada juga diungkapkan Kordiv Sumber Daya Manusia dan Informasi, Novira Damayanti, SE.

Ia berharap pengawasan pemilu 2019 yang sudah didepan mata, dan semakin berat itu agar memperkuat kelembagaan internal pengawas, serta fokus pada pengawasan.

Foto bersama Bawaslu Tanjungpinang dengan Panwaslu Kec. Tanjungpinang Kota

Selain itu, komisioner yang pernah menjadi anggota KPU Natuna itu juga menambahkan agar Panwaslu Kecamatan melakukan kegiatan yang dapat mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan. Meskipun anggaran terbatas, hal itu bisa dilakukan untuk memaksimalkan pengawasan.

“teman-teman juga bisa melakukan kegiatan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan ,” Ungkapnya.

Sementara itu Ketua Panwaslu Kecamatan Bukit Bestari, Prengki Simanjuntak, S.IP mengucapkan terimakasih atas atensi dan kunjungan yang dilakukan Bawaslu Kota Tanjungpinang. Pihaknya akan tetap fokus melakukan kegiatan pengawasan di 5 (lima) kelurahan dan 156 TPS tersebut.

“saya mengucapkan terimakasih atas atensi dan monitoring yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Tanjungpinang, kegiatan ini merupakan rangkaian penting dalam pembinaan dan penguatan kelembagaan, serta pengawasan Pemilu 2019,” tutupnya (fg/red)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.